Le Pere Noel

501931The Plot
Di malam natal, bocah berusia 6 tahun bernama Antoine (Victor Cabal) bertemu dengan sinterklas (Tahar Rahim) yang berjanji akan mengajaknya menaiki kereta Santa.

The Comment
Le Pere Noel (2014) adalah film festival perdana yang movietard tonton dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Kesibukan di dunia nyata membuat movietard ‘hiatus’ menghadiri festival-festival film di Jakarta, sedih memang, but hey, I’m back now! Le Pere Noel sendiri hadir sebagai bagian dari gelaran Festival Sinema Perancis yang pada tahun-tahun terdahulu cukup rajin movietard hadiri dan bahkan, film yang ditayangkan kala itu menjadi favorit movietard seperti Le Premier Jour Du Reste De Ta Vie (2008). Awalnya, Le Pere Noel bukan pilihan utama movietard tetapi hey, siapa yang tak gemas melihat tampang cute bocah berpipi tembam terpampang di poster film? Dan sepanjang film, Victor Cabal tampil sangat memikat yang membuat movietard ingin ‘menculik’ Cabal *eh*.

Le-P-re-No-l-2014-Alexandre-Coffre-1-photo-420Sesuai judulnya yang merupakan bahasa perancis dari sinterklas, film ini menyoroti kisah seorang pria berpakaian sinterklas *yang sampai akhir tak movietard ketahui nama karakternya*. Tetapi, si sinterklas ini nyatanya toh adalah pencuri, yang di malam natal menyambangi rumah dan apartemen kosong di Paris guna mencuri emas. Petualangan dimulai ketika si pencuri bertemu dengan bocah lugu Antoine yang percaya bahwa si pencuri adalah sinterklas sungguhan dan rela mengikuti si sinterklas ini kemana saja dengan harapan diijinkan untuk ikut menaiki kereta santa. Harapan Antoine terdengar sederhana, layaknya fantasi anak-anak yang ingin menaiki roket, tetapi hey, siapa yang tak luluh saat Antoine bilang bahwa ia ingin menaiki kereta santa agar dapat bertemu dengan sang ayah yang telah pergi ke surga.

Kekuatan Le Pere Noel terletak pada si cute Victor Cabal, yang memang sangat menggemaskan sepanjang film. Mata movietard selalu tak bisa lepas dari gerak gerik Cabal yang bermain tidak kaku sama sekali. Padahal menurut movietard, sangat sulit untuk ‘mengatur’ anak-anak agar mampu tampil lepas di depan layar, dan Cabal di usianya yang begitu muda justru tampak sangat menikmati ‘bermain’ di depan layar. Cabal sendiri didukung oleh Tahar Rahim, yang walaupun sudah memiliki nama besar di perfilman Perancis, di Le Pere Noel, Rahim harus rela membiarkan Cabal lebih bersinar. Setidaknya, Rahim berhasil membangun chemistry yang baik dengan Cabal, dan hey, bonding dengan anak-anak sesungguhnya lebih sulit dilakukan dibandingkan membangun ikatan dengan lawan jenis.

le-pere-noelAlexandre Coffre yang duduk dikursi sutradara sekaligus ikut membantu menulis skrip yang ditulis keroyokan oleh Rachel Palmieri dan kawan kawan telah memberikan hiburan yang menyenangkan bagi movietard. Banyak dialog yang membuat movietard terhibur dan bahkan tertawa keras, seperti setiap kali Antoine menceritakan kisah Zebrito. Menekankan pada unsur komedi membuat La Pere Noel tak ‘cerewet’ bicara mengenai kenapa si sinterklas eks tahanan tersebut terpaksa mencuri, yang sebetulnya bisa diperluas menjadi friksi kesenjangan antar ras di Paris. Le Pere Noel fokus dalam menyajikan interaksi sinterklas palsu dan Antoine yang begitu lucu tetapi juga sangat mengharukan dengan tetap mengedepankan nilai-nilai moral yang positif. Menonton Le Pere Noel di bulan Desember sesungguhnya momen yang pas walaupun film ini dirilis pada momen natal tahun lalu. Happy Christmas and holiday!

Do You Know?
Skrip Le Pere Noel ditulis Rachel Palmieri dan Fabrice Carazzo, yang dibantu oleh Laurent Zeitoun dalam adaptasi ke dialog, dan dibantu kembali oleh Carol Noble dan Yoann Gromb.
Walaupun ber-setting di Paris, Perancis, Le Pere Noel merupakan film yang diproduksi bersama antara Perancis dan Belgia, perusahaan Belgia tersebut adalah Compagnie Cinématographique Européenne dan Panache Productions.

My Rate
4 stars! Le Pere Noel is a perfect end-year holiday movie for family since its story is soooo fun and heartwarming! The greatest addition is Victor Cabal’s cuteness!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s