2013’s Movies End-Note

Say hi to annual Movies End-Note yang kali ini sudah memasuki tahun ke… well, keempat! Dan bodohnya, movietard belum bosan melakukan postingan ini. But… if you get bored, you could skip this post ya! Honestly, tahun 2013 lalu movietard sempat mengalami masa-masa tidak begitu rajin menulis review film, tetapi hey, fetish mengumpulkan tiket bioskop toh tetap saja tak bisa hilang sehingga di awal tahun 2014 ini, movietard kembali menyapa melalui Movies End-Note. Apa itu Movies End-Note? I don’t have any scientific explanation tetapi anggap saja Movies End-Note sebagai kaleidoskop seberapa banyak pengalaman movietard menonton di layar besar, tidak hanya di bioskop tetapi juga di pusat-pusat kebudayaan. Jadi, harap dimaklumi jika film yang masuk daftar ini memang tidak mencakup film yang ditonton melalui cakram DVD atau file film –yang memang di tahun 2013 ini sangat jarang dilakukan movietard karena keterbatasan waktu-.

Guna memudahkan proses ber-flashback ke setiap bulan di tahun 2013, movietard membaginya dalam empat triwulan dengan menyertakan sedikit comment yang berisikan pilihan movietard akan  favorite movie at the month –MotM-. Tak bosan-bosan movietard menekankan, favorite movie tersebut jelas penilaian yang subyektif dari diri movietard. Yang menjadi favorit bukan berarti harus yang terbaik dari segi kualitas tetapi setidaknya memberikan gambaran film-film apa saja yang menempati list favorit movietard untuk tahun 2013 lalu, apakah terdapat film favorit movietard yang juga menjadi kesukaan kamu? If you have a free time, you can read my 2013’s Movies End-Note post, happy reading!

eyeemfiltered1388946951066

Januari – Maret 2013
img356img357

Jan : Demi Ucok, Les Miserables, The Impossible, Inkaar, Hansel & Gretel: Witch Hunter
Feb : A Good Day to Die Hard, Cold War, Flight, Django Unchained, Beast at the Southern Wild, Silver Lining Playbooks, The Grandmaster
Mar : Jack the Giant Slyer, Zero Dark Thirty, OZ The Great, Argo, Lincoln

Jan’s fave movie :  Inkaar
Feb’s fave movie : Silver Lining Playbooks
March’s fave movie : Argo

Bulan Januari dibuka dengan film Indonesia yang berbalutkan semangat D-I-Y dari sutradaranya, yaitu Demi Ucok. Demi Ucok sukses membuat movietard berjanji untuk lebih banyak menonton film Indonesia *Well, sayangnya sampai akhir tahun ternyata jumlahnya tetap tidak banyak, hiks*. Demi Ucok sendiri menceritakan tentang pencarian jodoh dari kacamata budaya Batak yang dibalut dengan cita rasa komedi, a very fun movie indeed! Dari ranah Hollywood, movietard menonton adaptasi  lawas dalam bentuk film musikal yang menyayat hati dalam Les Miserables, kisah nyata sebuah keluarga yang terkena bencana tsunami di Thailand dalam The Impossible dan gubahan dongeng klasik Hansel & Gretel:The Witch Hunter yang dibuat menjadi lebih dewasa dimana Hansel dan Gretel diperankan Jeremy Renner dan Gemma Arterton. Tetapi film favorit di bulan Januari justru jatuh kepada sebuah Hindi movie yang membahas tentang pelecehan seksual yang dibintangi aktor hindi favorite movietard, Arjun Rampal melalui Inkaar.

Beranjak ke bulan Februari, movietard menonton cukup banyak film dari berbagai genre. Dari ranah Asia, terdapat film aksi polisi Cold War, yang memajang aktor-aktor papan atas Hongkong dan tentunya, karya terbaru Wong Kar Wai yang surprisingly I hate it, melalui The Grandmaster. Beranjak ke Hollywood, Bruce Willis yang sudah menua kembali tampil sebagai jagoan tak terkalahkan dalam Die Hard seri kelima dan Denzel Washington menjadi pilot alkoholik dalam Flight. Tetapi, highlight di bulan ini adalah, beberapa film nominasi Oscar 2013 telah diputar di Indonesia *yay*! Dari mulai karya ‘berdarah’ Tarantino dalam Django Unchained, petualang anak kecil yang dikemas dengan begitu cantik dalam Beast at the Southern Wild, dan tentunya, yang menjadi movie of the month adalah, interaksi dua karakter yang pesakitan dalam Silver Lining Playbooks yang menghadirkan penampilan menawan dari si cantik dan super talented Jennifer Lawrence.

Di bulan Maret, James Franco hadir dalam drama fantasy yang menjadi muasal mitos karakter penyihir paling populer, Oz, dalam Oz The Great and Powerful begitupun dengan adanya fable yang dikemas lebih dewasa dalam Jack the Giant Slyer. Di bulan ini, movietard berhasil menonton 3 film nominasi Oscar tahun 2013 lain yang cukup memorable. Dimulai dengan kisah perburuan Osama bin Laden oleh heroine CIA dalam Zero Dark Thirty, kisah biopik Abraham Lincoln yang difokuskan pada perjuangan penghapusan perbudakan di abad ke-19 melalui Lincoln yang juga menghadirkan strong lead performance dari Day-Lewis, dan terakhir, kisah yang diangkat dari kisah nyata penyelamatan para korps diplomatik USA pada masa revolusi Islam Iran dalam ArgoWhich one became my favorite? It goes to Argo! Walaupun Argo tidak menghadirkan appearance menawan dari aktor utamanya, tetapi kerapihan alur cerita dan script yang cerdas membuat movietard jatuh cinta dengan Argo.

April – Juni 2013

img358 img359 img360

April : GI Joe 2, The Host, The Croods, Stoker, Cloud Atlas, Oblivion, Finding Srimulat, Java Heat, Pee Mak, Iron Man 3 (3D)
May : 9 Summer 10 Autumn, What They Don’t Talk about When They Talk about Love, 13  Film di Europe on Screen 2013 (Christmas Tango, Road North, You Never Walk Alone, We Have a Pop, Sister, Jackie, Route Irish, Come as You Are, Superclasico, Gypsy, 3 Steps above Heaven, Easy Money), Star-trek into The Darkness, The Great Gatsby, Evil Dead, Fast & Furious 6 (2 kali), Epic 3D, The Hangover 3
June : Vehicle 19, Now You See Me, A Wedding Invitation (3 kali), Man of Steel, World War Z, Monster University 3D, V/H/S 2, 3 film dalam Korean Film Festival (Boomerang Family, Masquerade, The Grand Heist), German Cinema Film Festival ( 5 JB)

April’s fave movie :  Stoker
May’s fave movie : What They Don’t Talk about When They Talk about Love

June’s fave movie :  Now You See Me

Serangan film-film ber-genre science fiction datang di bulan April, dari mulai kisah alien yang diadaptasi dari novel remaja, The Host, adaptasi novel yang melibatkan perjalanan anak manusia selama 6 abad dalam Cloud Atlas, hingga bagaimana Tom Cruise harus menghadapi invasi alien dalam Oblivion. Disisi lain, dua buah film aksi yang mengandalkan kejantanan kaum lelaki dalam GI Joe 2 dan Iron Man 3 justru tak menghadirkan impresi bagi movietard. Sebagai penyeimbang, moveitard dibuat tertawa dalam animasi zaman batu yang cukup fun dalam The Croods.  Movietard pun sukses menambah  film Indonesia yang ditonton melalui nostalgia terhadap grup lawak Srimulak dalam Finding Srimulat dan menikmati kolaborasi aktor Indonesia dengan aktor Hollywood kelas B dalam drama aksi Java Heat. Disisi lain, movietard juga berhasil menonton film horror comedy Thailand, Pee Mak. Above all, movie of the month untuk bulan April ini justru jatuh kepada karya Park Chan-Wook yang sangat cantik dalam Stoker, ketika metika menulis ini movietard pun masih drooling mengingat bagaimana ‘berbahaya’-nya Uncle Charlie dalam film ini.

Bulan Mei dimeriahkan oleh Europe on Screen 2013 yang hadir pada bulan lebih awal dibanding penyelenggaraan di tahun-tahun sebelum. Movietard berhasil menikmati film-film bercita rasa Eropa yang fresh dan unik, dimana kali ini, tema road trip banyak mendominasi. Mei juga menjadi bulan pemanasan untuk summer movies, dari mulai adaptasi novel lawas Fitzgerald dalam The Great Gatsby, petualangan kaum serangga dalam animasi cantik Epic, petualangan gerombolan pemabuk yang kali ini dipaksa dewasa dalam The Hangover 3, franchise balapan mobil yang kali ini melibatkan aksi pencurian dalam Fast & Furious 6 yang tetap sangat fun untuk ditonton, hingga remake film horror yang cukup gore dalam Evil Dead. Mei juga dimeriahkan dengan kehadiran Star Trek into The Darkness setelah masa 4 tahun penantian, dimana sekuel ini menghadirkan ‘badai’ baru dalam sosok John Harrison yang diperankan Benedict Cumberbatch. Tetapi, movie of the month bulan ini justru film dari negeri sendiri, yang menghadirkan cerita cinta denngan point of view remaja tuna netra dalam What They Don’t Talk about When They Talk about Love.

Dua festival film hadir di bulan Juni, yang pertama adalah Korean Film Festival yang sayangnya, movietard hanya mampu menonton tiga film saja, yaitu sebuah drama mengharu biru yang menggambarkan betapa besar kasih ibu dalam Boomerang Family dan aksi komedi dalam Masquerade dan The Grand Heist *Salahkan seat yang terbatas sehingga seringkali movietard kehabisan tiket saat tengah mengantri!* dan juga German Film Festival dimana movietard cuma berhasil menonton satu film. Di bulan ini pula, serangan summer movies semakin menguat. Ada reboot karakter ikonik Superman  dalam Man of Steel, Brad Pitt yang pontang panting menghadapi zombie dalam World War Z, kemeriahan dunia kampus Mike dan Sully dalam Monster University. Movietard juga berhasil menonton drama asia lain dalam A Wedding Invitation yang ditonton sebanyak 3 kali! *luckily, saat itu movietard dapat free voucher menonton dari teman* ataupun menonton omnibus horror V/H/S 2 yang membuat sakit perut ketika menonton segmen Safe Heaven. Di bulan ini, Paul Walker kembali menyapa melalui Vehicle 19 yang lagi-lagi menunjukkan kecintaan Walker terhadap kendaraan roda empat. Tetapi, bintang di bulan Juni adalah sebuah drama sulap yang dibalut dengan twist keren dalam Now You See Me yang membuat movietard jatuh hati.

July – September 2013

img361 img363July : Despicable Me 2, The Lone Ranger, Pacific Rim, Red 2, D-Day, The Wolverine

August : Before Midnight, Byzantium

September : Kick Ass 2, Percy Jackson: Sea of Monster 4DX, The Internship, Runner Runner

July’s fave movie : Pacific Rim
Aug’s fave movie :  Before Midnight
Sept’s fave movie : None

Kumpulan minion yang sangat cute memeriahkan bulan Juli! Jika bukan karena para minion, rasanya Despicable Me 2 akan menjadi kisah petualangan yang sangat membosankan. Di bulan ini pula, para aktor papan atas datang menyapa, dari mulai aksi ‘nyeleneh’ Depp sebagai seorang Indian dalam The Lone Ranger, Jackman kembali memakai cakar titanium dan pamer bulu dada dalam The Wolverine, kumpulan pensiunan secret service yang dipimpin oleh John Malkovich ikut angkat senjata dalam Red 2, hingga aksi dari India yang dibintangi –siapa lagi kalau bukan- Arjun Rampal, yang mengetengahkan kisah penculikan teroris. Tetapi, film favorit bulan ini justru jatuh kepada perwujudan kisah-kisah robot yang ditonton oleh movietard semasa kecil dalam Pacific Rim dimana para robot raksasa –Jaeger- melawan monster-monster raksasa –kaiju- di tengah lautan pasifik! A very cool indeed!

Bulan Agustus menjadi bulan dimana movietard hanya mendatangi bioskop dua kali saja. Cukup memalukan ya? Tetapi saat itu, kehidupan ‘nyata’ memanggil movietard. But luckily, selama masa liburan lebaran di Singapur, movietard sempat menonton perjalanan terbaru Jese dan Celine dalam Before Midnight yang kali ini menampilkan problematika pernikahan yang berat, yang well, walaupun movietard belum menikah tetapi beberapa tema dalam omongan Jese dan Celine pernah menjadi bahasan utama movietard dengan rekan. Before Midnight menjadi film favorit movietard di bulan Agustus ini, yang short review-nya dapat dibaca disini. Di akhir Agustus, movietard juga menonton kisah vampir yang agak kelam dalam Bzyantium, dimana tokoh vampir tidak diperankan lelaki berkemilau melainkan oleh duo aktris cantik berbeda usia, Gema Arterton dan Saoirsie Ronan.

Beranjak ke September, di bulan ini, movietard juga tidak banyak mendatangi bioskop. Tercatat, movietard hanya menonton 4 film saja di bulan ini. Dimulai dengan Kick Ass 2 yang ternyata tidak se-berdarah pendahulunya, petualangan Owen Wilson dan Vince Vaughn berusaha mendapatkan pengalaman magang di perusahan paling keren di dunia, Google, dalam The Internship, dan  pertarungan Justin Timberlake dan Ben Affleck  dalam balutan perjudian dalam Runner Runner. Di bulan ini, movietard berhasil mencicipi teknologi 4DX dengan menonton Percy Jackson: Sea of Monster. Dengan harga tiket yang tiga kali lipat dari harga tiket regular, sepertinya sih, movietard tidak akan sering menonton film dengan format 4DX ini ya! Anyway, di bulan ini tidak ada yang menjadi film favorit movietard karena keempat film yang ditonton tidak ada yang sangat membekas.

October – Desember 2013

img362 img364October : The Butler, The Flu, Cloudy Chance of Meatball 2, Prisoners, Escape Plan, About Time, We’re The Millers, Gravity

November : The Spy, Thor: The Dark World, Carrie, Ender’s Game,  7 film di Jakarta International Film Festival 2013 (Barking Dogs Never Bite, Mother, Snowpiercer, 12 Years of Slave, Ilo Ilo, The Bling Ring, National Security)

Desember : The Counselor, 11 A.M, Don Jon, The Hobbit: Desolution of Smaug (2 kali), Hunger Games: Catching Fire, Frozen, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Hours, Edensor

Oct’s fave movie : About Time
Nov’s fave movie : 12 Years of Slave

Dec’s fave movie : None

Oktober menjadi salah satu bulan yang cukup memorable because I watched lots of good movies. Setidaknya, ada tiga film yang menjadi favorit movietard di bulan ini sehingga edikit kesulitan memilih satu diantaranya, dimulai dengan kisah biopik seorang kepala pelayanan kulit hitam di White House dalam The Butler, thriller penculikan anak yang membuat Jackman harus benar-benar berakting and he nailed it very good dalam Prisoners, dan juga ada About Time yang menceritakan perjalanan Tim menembus waktu, dan About Time won because it made me learn how to live my imperfect life. Wait… tidak ada Gravity didalamnya? Gravity jelas dianggap sebuah penyampaian sinematik terbaik yang dilakukan Cuaron, tetapi in my term, Gravity tidak meninggalkan impresi yang dalam bagi movietard. Di bulan Oktober ini juga, movietard diajak tertawa dengan Aniston dalam We’re the Millers dan menikmati cute-nya foodanimals dalam Cloudy Chance with Meatball 2. Dari genre aksi, Stallone dan Schwarzenegger yang sudah tua tampil cukup menghibur untuk keluar dari penjara dalam Escape Plan dan juga terdapat drama aksi penyelamatan dari virus flu yang melanda Korea Selatan dalam The Flu.

Welcome back Jakarta International Film Festival 2013! Movietard salah satu moviegoers yang sangat gembira dengan kembalinya Jiffest di tahun ini. Lepas dari kekurangannya, Jiffest adalah satu festival film yang selalu memberikan kenangan terhadap movietard and luckily, tahun ini movietard berhasil menonton cukup banyak film *yay!*. Short review untuk film-film di Jiffest dan sedikit opini akan penyelenggaraan Jiffest 2013 dapat dibaca disini. Movietard juga menasbihkan 12 Years of Slave menjadi film favorit untuk bulan November. Bagaimana tidak, 12 Years of Slave seperti sebuah nightmare yang membuat movietard menangis ketika menontonnya. Selain film-film yang diputar di Jiffest, di bulan ini movietard juga menonton komedi aksi dari Korea Selatan yang membuat tertawa terbahak-bahak dalam The Spy, remake dari kisah remaja yang memiliki kekuatan telekinesis dalam Carrie, perlawanan anak-anak muda dalam menghadapi alien dalam Ender’s Game dan tentunya, movietard suka cita menyambut si karismatik Tom Hiddlestone  dalam Thor: The Dark World.

Bulan terakhir di tahun 2013 justru diwarnai kegagalan movietard menonton film di Festival Sinema Perancis 2013 since… another real life’s business is calling *cried*. Walaupun tidak ada film favorit di bulan ini, luckily, movietard berhasil kencan dengan Fassbender kembali di bulan ini dalam The Counselor dan kemudian kencan dengan si pecandu film porno, Gordon-Levitt, dalam Don Jon. Movietard juga berhasil menikmati keindahan hand drawn animasi dan lagu-lagu ear catchy buatan Disney dalam Frozen.  Walaupun agak telat menontonnya *bahkan di Jakarta hanya tinggal di 4 bioskop saja*, movietard hampir pingsan melihat Sam Clafin tampil begitu menggoda dalam Hunger Games: Catching Fire. Movietard juga tak henti-hentinya mengagumi keindahan alam dan cast yang berisi kumpulan british guys dalam The Hobbit: Desolation of Smaug dan tak lupa,  memberikan apreasiasi terakhir terhadap Paul Walker yang tampil dalam drama Hours. Di bulan Desember ini, movietard juga sukses menonton science fiction dari Korea Selatan 11 A.M yang surprisingly, enough good. Di ranah lokal, movietard juga menikmati kisah Ikal dan Arai di Perancis yang sayangnya tidak begitu terasa adventurous dalam Edensor dan ikut tertawa menonton kisah cinta Zainuddin dan Hayati pada Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Tertawa? Iya tertawa, bukan ikut menangis karena entah kenapa, dialog dengan bahasa puitis dan akting teatrikal Herjunot di film ini justru melahirkan gelak tawa.

mtf_DEIPO_340[1]

That’s my 2013’s Movies End-Note. Movietard merasa bersyukur di tahun ini tetap mampu menonton banyak film di bioskop serta mampu menghadiri beberapa festival film yang diselenggarakan di Jakarta, seperti Europe on Screen dan Jakarta International Film Festival ataupun acara screening tertentu karena film diputar terbatas seperti untuk V/H/S 2 di tengah-tengah kesibukan dunia kerja dan kuliah. Beberapa catatan penting di tahun 2013 adalah, Ben Affleck mencapai peak-career dalam penyutradaan melalui Argo, Cuaron membawa kita menikmati misteri di angkasa luar dalam Gravity, Benedict Cumberbatch yang justru tampil sebagai badai dalam Star Trek Into the Darkness, Gordon-Levitt memulai debut penyutradaraanya melalui Don Jon yang sangat eksplisit berbicara tentang adiksi terhadap film porno, kemunculan film-film Indonesia yang menawan seperti Demi Ucok dan What They Don’t Talk about When They Talk about Love.

2013-07-25-05-40-17-1[1]

Di tahun 2013 pula, tercatat banyak film-film buatan Korea Selatan yang masuk ke chain Blitzmegaplex, menggantikan dominasi film-film Thailand di tahun 2012 lalu. Dan di tahun 2013 pula, movietard berhasil menonton dua film produksi India yang dibintangi Arjun Rampal, bahkan yang membuat movietard senang, tweet movietard tentang film D-Day di-retweet oleh sang aktor! *dancing*. Catatan terakhir yang justru sangat menyedihkan adalah, di tahun 2013 pula, dunia perfilman Hollywood dikejutkan dengan meninggalnya aktor Paul Walker dalam sebuah kecelakaan mobil. Lepas dari kemampuan aktingnya, bagi movietard sendiri, kepergian Walker adalah salah satu kehilangan yang besar since I grew up with his Fast & Furious’ franchise. I remembered that I watched the first movie when I sat at Junior High School with my brother and at that time, who could resist Walker’s charm as a co? My brother and Walker is both of guys who grew a little cars enthusiasm in me *sebelumnya movietard malas sekali belajar mengendarai mobil*.  Rest in heaven, my dear Walker…

tumblr_myzp42iJHD1sj07tuo2_500

2 thoughts on “2013’s Movies End-Note

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s