Fast & Furious 6

MV5BMTM3NTg2NDQzOF5BMl5BanBnXkFtZTcwNjc2NzQzOQThe Plot
Ini cerita kembalinya tim Dominic Toretto [Vin Diesel] yang harus membantu agen Hobbs [Dwayne Johnson] guna menghadapi penjahat eks militer, Owen Shaw [Luke Evans].

The Comment
Movietard termasuk audiens yang… well, memang mengikuti franchise Fast & Furious *Iya, termasuk yang edisi ketiga Tokyo Drift dimana Toretto-nya cuma jadi cameo itu!*. Menontonnya sejak film pertama hingga film kelima, bahkan Fast Five [2011] seingat movietard ditonton hingga 3 kali di bioskop. Fast Five kala itu benar-benar menjadi film yang menyenangkan, dimana kisah pencurian uang di Brazil yang melibatkan tim komplit yang dikumpulkan dari rekan-rekan Dom dan Brian dari film pertama hingga keempat jelas membuat movietard begitu excited. Movietard menyangka tim kreatif sudah mencapai peak-nya di edisi kelima. I mean, all the guys had enough money to live happily ever after *outside of United States*. Tetapi siapa sangka di adegan terakhir Fast Five, terlihat agen Hobbs membawa foto Letty si pacar Dom yang sudah meninggal di sekuel keempat? Damn! Apakah Letty masih hidup ataukah itu orang lain? Kala itu movietard rasanya ingin melempar popcorn ke layar. Movietard sudah sangat puas dengan Fast Five, dan ketika mengetahui cliffhanger ending, rasanya ingin menampar scriptwriter-nya nggak sih?

MV5BMTQ1Mjk1OTU0NF5BMl5BanBnXkFtZTcwMjMxNzkwOQ_002Luckily, two years of waiting is finally done. Edisi Fast & Furious 6 kembali melanjutkan petualangan tim Dom dengan tak kalah keren dengan sebelumnya. Setelah Brazil, kali ini tim Dom kembali ke Inggris, well, sempat mampir ke Spanyol sebentar di awal cerita. Tampaknya, scriptwriter Chris Morgan mengerti bagaimana audiens mencintai geng ini di film kelima *Morgan pula yang membuat skrip Fast Five kala itu*. Jadi, Morgan kembali membawa teman-teman Dom dan Brian, yaitu Tej [Ludacris], Roman [Tyrese], Han Lue [Sung Kang], dan Gisele [Gal Gadot]. Yang tertinggal di installment keenam ini hanyalah duo Leo dan Santos. Nah, jika sebelumnya mereka berperan sebagai penjahat, seolah ingin membuat audiens semakin sayang, mereka kini  menjalankan misi mulia, yaitu membantu agen Hobbs menangkap Shaw yang ingin membuat senjata untuk melumpuhkan kekuatan militer. Selain karena Shaw bekerja sama dengan Letty, agen Hobbs menjanjikan hadiah yang lebih bernilai dari ratusan juta dolar yang telah mereka miliki, pengampunan terhadap semua catatan kriminal sehingga para anggota tim Dom dapat kembali ke Amerika. Terdengar sangat menyenangkan bukan? Sudah kaya mendadak, mereka dijanjikan dapat bebas dari hukuman. Masalahnya adalah, Shaw bukan penjahat biasa, ia mantan prajurit militer yang tak kalah pintar.

Bagi movietard, franchise Fast & Furious menjadi salah satu film aksi yang menyenangkan untuk ditonton. Selain melibatkan aksi balapan, sejak seri kelima installment ini telah bergerak ke dimensi yang berbeda, yaitu menjadi aksi pencurian, pun begitu ketika pada seri terbaru ini mereka dihadapkan pada pengejaran terhadap kawanan penjahat yang dipimpin Shaw. Kesemua seri ini menyajikan sekuens aksi yang thrilling, dan dari masa ke masa, it’s getting bigger and bigger, yang seperti pada Fast & Furious 6 ini melibatkan pengejaran terhadap pesawat pula! Anyway, yang sedikit membedakannya dengan film-film aksi lainnya, film ini memasang karakter-karakter yang cukup kuat. Dom selalu menjadi jagoan yang menempat keluarga diatas apapun, Brian selalu menjadi pria yang berdedikasi dan loyal, Tej selalu menjadi techno guy yang cute in his own way *adegan Tej bertelanjang dada dan membagikan uang via ATM just make him as a perfect guy to date!*, Roman si banyak omong dan besar kepala, Han pun tampil tidak dalam stereotype from asian guy, dimana ia hanya beraksi sebagai driver handal, bukan seseorang yang ahli karate. Gisele yang berwajah cantik pun tampil mematikan, ingat kan adegan ia adu balap dengan Han di seri kelima? Di seri keenam ini, Gisele tampil tak kalah ciamik.

MV5BMTY1MDY2OTEwNl5BMl5BanBnXkFtZTcwODMzOTQ0OQ_002Apalagi, Morgan memberikan highlight berupa potongan drama yang juga sangat cute dalam Fast & Furious 6 ini. Movietard selalu menyukai pasangan Brian dan Mia sejak film pertama dan tumbuh besar melihat mereka bertengkar, berbaikan hingga ketika Brian dan Mia memiliki buah hati. Tetapi dalam versi terbaru ini, justru yang mencuri perhatian adalah pasangan baru yang bertemu dalam seri kelima, Han dan Gisele. Interaksi mereka tidak banyak, tetapi dari seri Fast Five, audiens sudah dapat melihat percikan pada keduanya, atau paling tidak, bagi Han. Dan seolah dapat merasakan percikan ini, Morgan menambahkan porsi Han dan Gisele dalam seri ini. Selain mereka berdua, dalam Fast & Furious 6, yang juga mencuri perhatian adalah dinamika interaksi antara Tej dan Roman yang menyegarkan melalui tingkah laku mereka berdua. Roman yang tampak sok tahu dihadapkan dengan Tej yang cool, and their interaction made them look like an old married couple. Overall, menurut movietard, Morgan melakukan engaging yang berhasil terhadap para karakter sehingga membuat audiens mencintai mereka, suatu hal yang jarang sekali terjadi dalam film-film ber-genre action.

Memang sih story plot yang dibuat Morgan tidak sempurna dan masih membuat movietard ingin protes, ‘kayaknya nggak akan sampai selama ini deh…’ atau part yang membuat movietard sedih dengan takdir yang menimpa beberapa anggota tim Dom. But well, mari lupakan plot holes tersebut, atas nama menyajikan aksi yang thrilling dan membuat jalan cerita menjadi dramatis, kadang seorang scriptwriter pun harus membuat dosa seperti yang dilakukan Morgan. Lagipula, Fast & Furious 6 memang dibuat untuk sebuah sarana hiburan di musim panas. Tanpa bermaksud membelanya, rasanya yang dilakukan Morgan dan lalu dieksekusi oleh director Justin Lin sudah cukup bagus. Sedikit menambahkan, Fast & Furious 6 dari segi cast mengalami peningkatan dibanding seri sebelumnya karena untuk pertama kalinya, karakter penjahat dalam installment ini cukup memorable *dan cute!* dalam sosok British guy Luke Evans yang memerankan karakter Owen Shaw. Pun begitu dari supporting cast lainnya, salah seorang aktor Indonesia, Joe Taslim juga memainkan peranan yang cukup besar dalam installment ini, sebagai salah satu anak buah Shaw. Dan hey, Taslim pun menunjukkan kemampuan bela diri-nya dengan cukup baik melalui scene dimana ia mengalahkan Han dan Roman sekaligus *bersorak*.

MV5BMjA4NTUzNDg5MF5BMl5BanBnXkFtZTcwODAyNzkwOQ_002In conclusion, lepas dari beberapa plot holes yang tersaji dalam Fast & Furious 6 -karena anggap saja tim Dom memiliki nyawa hingga sembilan nyawa sehingga selalu bernasib mujur-, jika kamu adalah tipekal audiens yang ingin mendapatkan film yang menghibur dalam arti tanpa harus memikirkan secara serius, Fast & Furious 6 give that. Didukung dengan tim yang sama dan bahkan untuk seri keenam ini tampil lebih solid dari seri kelima, Fast & Furious 6 menyajikan spectacleship aksi yang begitu menawan. Tetapi jangan takut, Fast & Furious 6 masih menyajikan drama dan romantisme di dalamnya yang tak kalah sweet dengan tambahan beberapa dialogues jokes yang lucu. Seperti soundtrack Fast & Furious 6 yang dinyanyikan Wiz Khalifa dan 2 Chainz, jelas Fast & Furious 6 dapat meneriakan ‘We Own it’, ya Fast & Furious 6 berhasil memiliki musim panas 2013 ini, paling tidak bagi movietard yang sudah menonton seri keenam ini sebanyak dua kali ditengah gempuran film-film summer lainnya yang tak kalah hebat *Iya, bahkan movietard belum apel wajib kedua kepada Beneditc Cumberbatch tetapi sudah apel kedua kepada Vin Diesel*.

You’ve got the best crew in the world standing right in front of you, give them a reason to stay [ Dominic Toretto ]

Do You Know?
Jangan keluar buru-buru ketika menonton Fast & Furious 6. Setelah kredit film, tak lama, akan ada adegan tambahan yang membuat… well, membuat audiens ingin mencakar wajah scriptwriter-nya, Chris Morgan
Rihanna digosipkan sempat akan ikut serta dalam installment ini, tetapi batal. Peran yang disediakan tidak diketahui, tetapi mungkin gadis yang memulai start balapan yang diperankan Rita Ora?
Pada beberapa versi, yaitu untuk peredaran internasional, Fast & Furious 6 menggunakan judul Furious 6, judul yang sempat terlihat pada iklan televisi pada acara Super Bowl walaupun pada versi USA akhirnya menggunakan Fast & Furious 6

My Rate
4 stars. Fast & Furious 6 is an awesome summer movie! Loved it! Dom’s team is sooo cute when they’re together. Eventhough it had some plot holes, but the action is getting better and bigger. And the soundtrack is also a bumping cool one!

5 thoughts on “Fast & Furious 6

  1. for me it’s 4,5 star…
    kekurangannya adalah part menunggu lanjutannya lagi (kalau jadi dibuat lagi).

    tapi mang seru sih. gak peduli dah nunggu sekian lama sejak Fast 5. Masih aja pas nonton… dari awal sampai akhir gak bergeming nontonnya. endingnya??? hmmm aja deh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s