2012’s Movies End-Note

As I wrote before at 2011’s Movies End-Note, movietard berharap bisa selalu melakukan posting-an Movies End-Note setiap tahun, berharap dapat menjadi tradisi kedepannya. Memang sih, terlihat sekali kalau fetish mengoleksi tiket movietard belum juga sembuh setelah beberapa tahun, but hey! Mengoleksi tiket dan membuat list film-film yang sudah ditonton menjadi kenikmatan karena berperan sebagai sarana looking back atas ‘sejarah’ film yang sudah terjadi. Di tahun 2012 ini terjadi beberapa momen yang mengharukan seperti ucapan perpisahan Batman buatan Cristopher Nolan, karena film terakhirnya The Dark Knight Rises di-release tahun ini dan mengukuhkannya sebagai salah satu trilogy superheroes yang sangat layak tonton. Di tahun ini pula, walaupun, sudah tidak lagi terdapat konflik antara pemerintah dengan distributor film, movietard sempat tidak menonton beberapa summer movies yang bagus karena jauh lebih sibuk dengan EURO 2012.

Anyway, bagi yang belum pernah membaca, movietard berikan sedikit eksplanasi tentang apa itu Movies’s End-Note *yang sudah tahu, silahkan skip bagian ini*. Setiap tahunnya, movietard selalu menempelkan tiket/menulis film-film yang sudah ditonton di jurnal. Sedikit catatan, yang ditulis ini hanyalah film yang masuk kategori at big screen, yaitu yang ditonton di bioskop, acara screening di pusat-pusat kebudayaan, hingga kineklub saja, bukan melalui cakram dvd atau file film laptop. Setelah itu, biasanya movietard memilih favorite movie at the month –MotM-. Favorite movie pilihan movietard pun jelas menandakan penilaian yang subyektif, yang menjadi favorit bukan berarti harus yang terbaik dari segi kualitas. So, if you have a free time, you can read my 2012’s movies end-note post, happy reading!

Januari – March 2012
TW111Jan : New Years Eve, The Iron Lady, The Thing
Feb : Chronicle, The Ides of march, Haywire, This Means War
March : Negeri 5 Menara, The Vow, Tinker Tailor Soldier Spy, Hugo 3D, Man on a Ledge, John Carter, 30 & Fabulous, ATM Errak Error, The Raid, The Hunger Games, Eva

Jan’s fave movie :  None
Feb’s fave movie : The Ides of March
March’s fave movie :  Hugo 3D dan ATM Errak Error

The Comment
Bulan Januari sepertinya masih menjadi bulan pemanasan dalam aktivitas menonton karena movietard hanya menonton tiga film di bioskop, yang dimulai dengan kumpulan cerita malam tahun baru di kota New York melalui New Year Eve yang bahkan sekarang tidak movietard ingat sama sekali satupun dari kumpulan ceritanya! Selain itu, ada remake film tentang kedatangan mahluk aneh di daerah kutub melalui The Thing dan yang cukup memorable adalah The Iron Lady, film biografi Perdana Menteri paling terkenal di Inggris, Margaret Thatcher. Dan walaupun movietard kagum dengan kekuatan Meryl Streep dalam memerankan Thatcher dan mencintai film-film bertema biopic, The Iron Lady tak juga masuk dalam list favorite movietard, anyway, review The Iron Lady dapat dibaca disini. In a conlusion, di bulan Januari tak ada film yang menjadi favorit movietard.

Beranjak ke Februari, movietard merasa cukup excited dibulan ini dengan kehadiran film ‘kecil’ Chronicle yang surprisingly, begitu menghibur dengan kisah anak-anak muda yang memiliki kemampuan telekinesis. Setelah dibuat sedikit mengantuk ketika menonton film aksi yang penuh dengan bintang papan atas melalui Haywire, movietard dibuat tertawa sekaligus sedikit drooling melihat duo ganteng Chris Pine dan Tom Hardy memperebutkan Reese Witherspoon dalam This Means War. Tetapi, bintang di bulan Februari ini adalah film tentang dunia perpolitikan Amerika besutan George Clooney, The Ides of March yang menjadi salah satu film favorit movietard dan pada tahun 2012 lalu sudah ditonton 2 kali diluar layar besar. What I do love about this movie? You can read why I’m so in love with this movie in here.

Bulan Maret menjadi salah satu bulan tersibuk dalam aktivitas menonton movietard. Setidaknya, ada dua film Indonesia yang ditonton, Negeri 5 Menara dan The Raid. Terdapat pula dua film produksi Thailand yaitu ATM Errak Error yang begitu kocak dan 30 & Fabulous yang biasa saja. Bulan ini juga diramaikan oleh para lelaki ganteng yang menjadi main actor, yaitu Taylor Kitsch di film epik John Carter, Sam Worthingthon di Man on a Ledge, dan Channing Tatum dalam drama romantis The Vow. Seolah tak mau kalah, perempuan muda, Jennifer Lawrence hadir melawan dominasi kaum lelaki dengan kemampuan memanah dalam The Hunger Games. Dari ranah Eropa, dua film yang ditonton adalah drama science fiction yang lembut melalui Eva dan drama dunia spionase Inggris penuh intrik melalui Thinker Tailor Soldier Spy. Tetapi, film paling mengharu biru ketika ditonton adalah Hugo, yang menjadi salah satu alasan mengapa movietard jatuh cinta dengan dunia pita seluloid. Selain Hugo yang memang menjadi tribute Scorsese untuk dunia film yang ia cintai, movietard pun juga menyukai ATM Errak Error yang menghadirkan tawa sepanjang durasi film, dan movietard menjadikan keduanya sebagai March’s favorite movies.

April – June 2012
TW2April : Wrath of The Titans, Battleship (2x), 21 Jump Street, Mirror Mirror, Modus Anomali
May : First Kiss, The Avengers 3D
June : Snow White and The Huntsman, Teenage Love, Prometheus, 3 EURO 2012 football matches

April’s fave movie :  21 Jump Street
May’s fave movie : The Avengers 3D
June’s fave movie :  EURO 2012 quarter finale Spain vs. France

Sam Worthington kembali menyapa movietard di bulan April, sayangnya, lagi-lagi, seperti prekuelnya, Wrath of the Titans masuk ke kategori buruk. Berbeda dengan Worthington, kecintaan movietard yang kala itu tengah terkena Kitsch syndrome membuat movietard menonton Battleship two times and I got a lot of fun by watching it! Selain itu, movietard menonton dekonstruksi terbaru Tarsem Singh terhadap dongeng Snow White melalui Mirror Mirror. Dari ranah Indonesia, Joko Anwar kembali menyapa audiens melalui thriller terbarunya, Modus Anomali yang pada paruh pertama film sukses membuat movietard menjerit beberapa kali tetapi selebihnya, I got bored. Tetapi, favorit di bulan April jatuh kepada 21 Jump Street, komedi remake yang surprisingly, begitu menghibur dengan kehadiran dua Channing Tatum dan Jonah Hill, yang tampil begitu loveable sehingga movietard merelakan Kitsch dalam Battleship tidak menjadi movie of the month.

Bulan Mei, yang seharusnya menjadi bulan pemanasan untuk summer movies realitasnya hanya membuat movietard dua kali ke bioskop *toyor diri sendiri*. Yang pertama ditonton adalah First Kiss, kisah romantic comedy dari Thailand yang sedikit mengecewakan, walaupun kisah kasih perempuan yang lebih tua dan lelaki yang masih duduk di bangku sekolah ini seharusnya akan menyajikan banyak tawa. Yang kedua, adalah The Avengers 3D yang ditonton di hari pemutaran pertama dan pada jam terakhir. Sempat ketakutan akan tertidur di tengah film but luckily, The Avengers was just too… fun! With all those funny moment between Thor and Tony Starks, bromance Tony dengan Bruce, hubungan fan-girling antara Captain America dan Agen Phill Coulson, unresolved sexual tension antara Hawkaye and Black Widow, tampak sekali Joss Whedon ‘bersenang-senang’ di film ini, and if you did not believe it, you can read why I’m so in love with all those cute superheroes in here.

Di bulan Juni, beberapa summer movies sudah di-release seperti Brave, Madagascar 3, Men in Black 3. Sayangnya, movietard melewatkan film-film tersebut di bioskop karena jauh lebih sibuk dengan acara sepakbola Eropa melalui EURO 2012. Alih-alih mendatangi bioskop guna menonton film, movietard justru asyik menonton matches sepakbola di Blitzmegaplex. Ditengah-tengah kesibukan gelaran EURO 2012, movietard sempat menonton tiga film, yaitu romantic comedy yang (lagi-lagi) berasal dari Thailand berjudul Teenage Love, film terbaru Kirsten Stewart, yang gossip hubungan Stewart dengan sang sutradara jauh lebih meroket dibanding filmnya, The Snow White and The Huntsman dan finally, movietard mencoba bioskop IMAX Gandaria ketika menonton film science fiction Prometheus. At the end, kalau disuruh memilih favorite movie, rasanya movietard ingin sekali menjadikan match perempat final EURO 2012 antara Spanyol vs, Perancis dimana Xabi Alonso mencetak dua gol di pertandingan ke-100 dengan timnas Spanyol sebagai favorit, eh tetapi tidak boleh ya?

July – September 2012
TW3July : Spiderman 3D, Ice Age, What to Expect When You’re Expecting, The Dark Knight Rises (2x)
Aug : Coriolanus, The Cabin in the Woods, Seven Something, The Expendables 2, Perahu Kertas 1, Step Up 4, The Bourne Legacy
Sept : The Thieves, Ted, Premium Rush

July’s fave movie : The Dark Knight Rises
Aug’s fave movie : The Cabin in the Woods
Sept’s fave movie : Ted

Movietard kembali kepada aktivitas menonton dengan memulainya melalui reboot Spiderman yang masih dibawah kualitas Spiderman versi Raimi, apalagi Spiderman versi Webb tidak menghadirkan bromance Peter Parker dan Harry Osborne *kecewa*. Di sisi lain, kartun franchise Ice Age ke-4 pun kembali menyapa tetapi jujur, tidak terasa lucu lagi, begitupun dengan romantic comedy omnibus yang diadaptasi dari buku best seller, What to Expect When You’re Expecting yang hanya memberikan kesegaran mata tetapi tidak cukup untuk menginspirasi. Tetapi realitasnya,  bulan Juli adalah bulan terpenting dalam pengalaman menonton movietard di tahun 2012, alasannya cukup empat kata, The Dark Knight Rises. Ya, setelah dibuat begitu terpukau melalui The Dark Knight (2008), Nolan kembali membawa kita memasuki dunia enigmatik Batman, melalui sebuah ending yang begitu indah untuk karakter Bruce Wayne/Batman sendiri. Kecemerlangan Nolan dalam membesut The Dark Knight Rises bisa dibaca disini, dan pastinya, The Dark Knight Rises sempurna untuk ditasbihkan sebagai favorite movie di bulan Juli.

Beranjak ke Agustus, bulan Ramadhan dan libur lebaran membuat movietard cukup sering mendatangi bioskop. Movietard menonton Coriolanus dimana Ralph Fiennes tampak sangat manly walaupun meneriakkan dialog yang begitu berat, menonton film omnibus ‘unyu’ Thailand dalam Seven Something, ketiduran ketika menonton kumpulan lelaki tua ber-steroid di The Expendables 2, tak habis-habisnya berpikir bahwa Maudy Ayundya adalah satu-satunya hal terbaik dalam Perahu Kertas 1 dan selebihnya adalah perasaan bosan, memanjakan mata melalui tarian catchy dengan tempelan love story yang begitu cliche melalui Step Up 4, sempat bersorak gembira melihat sosok idola Edward Norton dalam The Bourne Legacy tetapi kemudian membatin, he could do better than this. Tetapi, movietard akhirnya terpuaskan ketika menonton The Cabin in the Woods, a very surprising movie that will be loved not only by horror genre lover but also like the scared one like me. The Cabin in the Woods menjadi movie of the month untuk bulan Agustus yang dapat dibaca review-nya disini.

Beranjak ke September, movietard hanya menonton tiga film di bioskop. Pertama, film produksi Korea berjudul The Thieves yang mengingatkan movietard akan Ocean’s Eleven, dimana segerombolan pencuri adu pintar. Pun Gordon-Levitt kembali menyapa audiens di bulan ini. Setelah tampil hanya sebagai sidekick yang menjadi moral compass di The Dark Knight Rises, Gordon-Levitt mengambil alih kemudi dengan menjadi main character dalam film aksi ringan tentang penyelamatan yang dilakukan kurir sepeda berjudul Premium Rush, a very fun movie even if I think Michael Shannon is under-used at this movie. Sayangnya, Gordon-Levitt tetap tak bisa mencuri hari movietard yang sudah dibuat meleleh oleh Ted, si boneka beruang bermulut ‘sampah’ dan playboy yang sangat cute besutan MacFarlane yang sukses mengocok perut movietard di jam pemutaran midnight. Ya, begitu banyak alasan untuk jatuh cinta dengan Ted yang menjadi movie of the month, yang review-nya bisa dibaca disini.

October – December 2012
TW44Oct : Taken, The Bachelorette, Looper
Nov : Breaking Dawn, Sky Fall, 8 movies at Europe on Screen 2012 [ The Guard, Bullhead, Hell, Amour, The Kid with a Bike, in a Better World, Declaration of War, Kiss Me ]
Dec : 3 movies at Europe on Screen 2012 [ Afghan Star, Loose Cannon, Looking for Eric ], 3 movies at Festival Sinema Perancis 2012 [ Les Lyonnais, Beloved, Camille Redouble ], Life of Pi 3D, Hotel Transylvania, 5 cm. (2 x), The Hobbit: An Unexpected Journey, Habibie & Ainun, Men with the Iron Fists, Countdown, Jack Reacher

Oct’s fave movie : Looper
Nov’s fave movie : Declaration of War
Dec’s fave movie : Life of Pi and Habibie & Ainun

Lagi-lagi, movietard hanya menonton 3 film di layar lebar pada bulan Oktober. Dimulai dengan menyaksikan kakek Liam Neeson yang masih bisa berkelahi tangan kosong menghadapi teroris Turki melalui Taken. Diajak mentertawakan (tetapi juga membatin setuju) atas ke’galau’an Kirsten Dunts yang menjadi bridemaids untuk temannya yang lebih tidak sempurna dibanding dirinya dalam The Bachelorette, I got more connection with The Bachelorette’s story rather than Bridesmaids, Tetapi, film favorit di bulan Oktober ini adalah science fiction yang bercerita tentang kelompok pembunuh bayaran dari masa depan, Looper. Finally, Gordon-Levitt benar-benar mencuri perhatian movietard melalui film ini walaupun well, secara physical, Gordon-Levitt di Looper tak mirip Gordon-Levitt. Review Looper bisa dibaca disini.

November usually became the busiest month as a moviegoers, di bulan ini, gelaran festival film iNAFFF biasanya diadakan. Sadly, di tahun ini, iNAFFF absen menyapa kita *nangis*. But hey! Luckily, Festival Sinema Eropa (Europe on Screen) tetap ada. Dahulu, movietard tidak menjadikan EoS sebagai prioritas utama tetapi ketiadaan iNAFFF dan dengan banyaknya film-film bagus yang diputar, EoS menjadi pilihan utama dimana movietard sukses menonton 11 film di EoS selama bulan November s.d Desember. Dengan banyaknya ragam pilihan film. perasaan movietard sukses diaduk-aduk, dari mulai Amour yang sangat ‘kejam’  in A Better World dan The Kid with a Bike yang begitu jujur memotret relasi orang tua dengan anak-anak, tetapi film favorit movietard di EoS yang juga menjadi movie of the month November ini adalah film ‘manis’ tentang perjuangan orang tua muda ketika anak semata wayang mereka sakit dalam Declaration of War. Oh ya, di bulan November pula, Twilight saga mengakhiri perjalanan mereka melalui Breaking Dawn dengan twist yang membuat movietard ingin merobek layar bioskop dan James Bond kembali melalui Skyfall yang soundtrack-nya lebih memorable dibanding filmnya sendiri.

Di bulan Desember, another movie festival kembali menyapa moviegoers Jakarta melalui Festival Sinema Perancis (FSP). FSP yang biasanya diadakan di bulan April berpindah ke Desember and luckily, I can watch 3 movies at this festival, dari Beloved yang mengingatkan movietard akan Love Songs *sutradaranya sama sih memang*, film gangster yang menyentuh melalui Les Lyonnais dan cerita krisis perempuan di usia 40-an yang kembali kepada usia mudanya melalui Camille Redouble. Bulan Desember juga menjadi bulan yang cukup sibuk dengan di-releasenya film-film Hollywood yang unfilmable seperti film ‘cantik’ yang mengajak kita Lmerenung akan Tuhan besutan Ang lee, Life of Pi dan Peter Jackson kembali mengajak kita ke middle earth melalui The Hobbit: an Unexpected Journey. Walaupun begitu, film yang membuat movietard hampir tersedak di bioskop tetap saja ada seperti Men with the Iron Fists, ataupun Jack Reacher yang membuat movietard berpikir, how could you make a bad movie like this, Cruise? Di bulan Desember ini pula, sebuah catatan penting dalam perfilman Indonesia ditorehkan melalui kisah cinta yang sangat menyentuh dalam Habibie & Ainun yang sukses membuat movietard menangis di bioskop. Dan hey, rasanya sulit untuk memilih hanya satu film favorit di bulan ini karena movietard sangat menyukai dua film, yaitu Life of Pi dan Habibie & Ainun, so I chose them both as my favorite movies.

Tahun 2012 menjadi tahun yang cukup penuh warna dalam dunia menonton movietard. Serbuan film-film produksi Thailand yang lucu dan menyegarkan seringkali membuat movietard terhibur. Di tahun ini pula, film-film produksi Indonesia mengalami peningkatan walaupun belum banyak yang movietard tonton. Tetapi sungguh, menonton Habibie & Ainun membangkitkan semangat movietard untuk lebih ‘rajin’ menonton film Indonesia di tahun 2013. In a conclusion, tahun 2012 tetaplah menjadi tahun milik para kaum superheroes, yaitu melalui kumpulan pahlawan Marvel dalam The Avengers yang berhadapan dengan si enigmatik Batman dalam The Dark Knight Rises. Kedua film superheroes ini memiliki tone yang berbeda tetapi terasa sangat menyenangkan ditonton. Adios!

8 thoughts on “2012’s Movies End-Note

  1. wah sepertinya koleksi tiket bioskop saya kalah jauh ya, haha. itu beneran nonton dua film berturut-turut dalam satu hari? (Tinker Taylor Soldier Spy & The Vow) luar biasa, saya bahkan belum pernah.

  2. ahhh aku baru liat ini.. kamu ternyata lebih kompulsif mengumpulkan tiketnya daripada aku. eh tapi gue juga masih suka ngedata di agenda gue lho judul2 film yg gw tonton di bioskop tiap bulannya trus gw rekap akhir tahun. tentunya dgn tiket bioskop yg masih setia gue kumpulin🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s