Battleship

The Plot
Ini kisah pertarungan adu kuat antara para tentara A.L dibawah komando Alex Hopper (Taylor Kitsch) dengan para Alien di lautan pasifik.

The Comment
Battleship (2012) menjadi film pertama di tahun 2012 yang movietard tonton lebih dari sekali, yes, I watched it for two times and I didn’t get bored with it. Frankly, my main reason is… because it’s another Taylor Kistch’s movie *Kistch-worship syndrome detected*! Anyway, selain Kitsch, Battleship juga menghadiahi audiens perempuan dengan kehadiran si ganteng Alexander Skarsgard yang berperan sebagai kakak Kitsch, a great combo, no? But hey, Battleship bukan cuma berisikan para tentara angkatan laut berwajah menawan tersebut, film yang diadaptasi dari game board ini memang digadang-gadangkan menjadi salah satu blockbuster movie tahun ini, mengekor kesuksesan Transformers (2007). Ketika series Transformers sukses mengangkat kisah pertarungan para robot raksasa, Battleship menyajikan spectacle berupa pertarungan manusia dengan alien dengan perantara kapal-kapal perang berukuran raksasa. And how about the result, is it good or bad?

As I wrote before, I didn’t get bored watching it. Battleship dibuka dengan cukup hillarious dalam mengenalkan audiens kepada si main character, trouble maker Alex Hopper. Scene pembuka berupa acara perayaan ulang tahun kecil-kecilan untuk Alex yang berlanjur perjuangannya untuk mendapatkan chicken burrito demi seorang perempuan sangat mengundang tawa *And it was my favorite scene at Battleship*. Tampaknya, selain menjadi hero, Kitsch juga memiliki talenta sebagai comedian. Bencana chicken burrito tersebut membuat si kakak, Stone (Alexander Skarsgard) menyuruh Alex untuk bergabung dengan tentara angkatan laut AS. Kisah mulai seru ketika Alex dan kawan-kawannya menjalani pelatihan RIMPAC di kepulauan Hawai, yang membawa para angkatan laut ini mengalami petualangan sesungguhnya, tepatnya berhadapan dengan kapal perang milik alien dari Planet G yang seribu kali lipat lebih canggih dari battleship kepunyaan AS.

Berapa banyak plot holes yang terdapat dalam Battleship? A lot of too explain! Premis Battleship yang begitu sederhana dengan ending yang sudah tertebak diperparah scriptwriter Erich Hoeber dan Jon Hoeber yang tidak merasa perlu berusaha memperbaiki story plot dengan menyajikan referensial kedatangan alien ke bumi dengan baik. Tetapi kalau boleh jujur, toh movietard tak lagi peduli dengan hal tersebut  Ya, Battleship memang lemah dari segi penceritaan, but  I was totally get over with that since I know Battleship memang tidak dibuat untuk menjadi film science fiction high class dengan konteks subtil yang membuat audiens berpikir keras saat menontonnya. In my opinion, this film is totally just for fun! Ya, Hoeber bersaudara justru sukses menghadirkan beberapa momen drama dan komedi diluar parade aksi tersebut melalui interaksi Alex dengan kakaknya *Kitsch-Askars’s bromance detected*.  Hoeber bersaudara juga memberikan citarasa komedi melalui dialog-dialog para awak kapal angkatan laut AS ataupun melalui aksi-aksi bodoh yang dilakukan Alex.

Ketika director Peter Berg diberikan uang pembuatan Battleship lebih dari 200 juta dollar, tentunya, audiens sudah tahu kemana uang sebanyak itu terbang. Ya, Berg, layaknya Michael Bay, sukses memanfaatkan setiap dollar untuk menghadirkan parade aksi yang menawan, lengkap dengan kehadiran pesawat alien yang besar dan canggih. Memang, Berg tampaknya melupakan logika mendasar tentang kehadiran alien tersebut. Tetapi, movietard mencoba memakai mentalitas ala Amerika untuk memahami story plot Battleship, dimana masyarakat Amerikamemang sangat percaya dengan kehadiran alien seperti layaknya mentalitas masyarakat kita yang percaya hantu. Jadi, Berg memang tak perlu menyiapkan alasan penyerangan yang dilakukan Alien karena kunci dari Battleship adalah surviving yang dilakukan para manusia akan serangan tak terduga itu. Yang menyenangkan, Berg tak lupa dasar fondasi permainan Battleship, dimana pengetahuan dasar sederhana untuk menebak letak kapal melalui frekuensi pergerakan kapal di laut-lah justru menjadi kunci dalam cerita Battleship, old things should be never be forgotten, no?

What I do love more about this movie? The casts!  Walaupun Battleship tidak memanfaatkan potensi keaktoran dari para casts-nya dengan sempurna karena film ini lebih berfokus pada special efek, I’m satisfied with Kitsch’s performance. Kitsch, paska bertarung di planet Barsoom, kembali menginjak bumi untuk memangku peran utama lengkap with his new style, a short one! And I know it sound so biased, but he’s perfectly suit on Alex’s character. Kitsch sukses memainkan karakter Alex from bad to great one, and made movietard was so totally in love with him! *errrrr… I should get over with this Kitsch worship syndrome, no?*. Satu-satunya yang menjadi protest  movietard adalah bagaimana Berg menyia-nyiakan talenta Liam Neeson sebagai panglima angkatan laut dengan hanya memberikan kurang dari 10 menit penampilan ataupun bagaimana Alexander Skarsgard [spoiler] meninggal ditengah film, membuat movietard bahkan berharap dia selamat dalam ledakan tersebut [end of spoiler].

Sebagian audiens pastinya akan membenci Battleship, mengejek film ini, layaknya series Transformers, sebagai part of dumb action movies. But hey, coba jujur siapa yang tak menyukai Transformers (2007) pertama? Walaupun kita semua memang membenci kedua sekuelnya yang  buruk, tetapi Transformers pertama memang menyenangkan dengan kehadiran para gigantic robots kan? Nah, bagi movietard, menonton Battleship juga melahirkan perasaan yang sama, it’s my guilty pleasure! At the end, walaupun Battleship menyajikan cerita yang begitu cheesy dan cliché dimana the explosion itself talked louder than dialogue and there was so many unbelievable thing happened,  frankly, I don’t care with that and just enjoyed every minutes of watching it. Battleship memang dibuat untuk tampil menghibur dan fun yang membuat film ini lebih baik daripada petualangan Kitsch sebelumnya dalam John Carter (2012), it’s definitely worth watching on the big screen!

                                       “I just save the world! [Alex Hopper]”

Do You Know
Jangan keluar sebelum credit title berakhir, ada scene tambahan yang diberikan Berg setelah credit title berakhir
Battleship menjadi debut penyanyi Rihanna dalam dunia film
Kapal perang battleship yang dalam film ini digunakan untuk melawan alien, dalam dunia nyata sudah tidak digunakan dalam dunia kelautan sejak tahun 1990-an dikarenakan boros biaya dan sudah kalah dengan kapal-kapal perang modern

My Rate
3 stars! Battleship is unexpectedly a fun movie! Beside those great CGI-effects and bombasctic scenes, Kitsch and all those great looking NAVY army, the comedic and bromance elements made this action movie became a fun one!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s