ATM Errak Error

The Plot
Jib (Preechaya Pongthananikorn) dan Sua (Chantavit Dhanasevi) adalah rekan sekerja yang berpacaran. Hubungan mereka diuji ketika keduanya menghadapi ATM bank yang rusak.

The Comment
ATM Errak Error (2012) sebetulnya sudah lama ‘nangkring’ di bioskop Blitzmegaplex yang memang cukup rajin mendistribusikan film-film produksi Thailand, yaitu kira-kira sejak awal bulan Februari. Tetapi movietard sok sibuk dan baru sempat menontonnya pada akhir Maret lalu. Paska dibuat kurang puas dengan film produksi Thailand lainnya, 30 Fabulous (2012) yang ceritanya yang begitu soap opera formulaic dan membosankan, surprisingly, ATM Errak Error was different, it was a funny romantic comedy! Tak heran karena ATM Errak Error lahir dari rumah produksi yang sebelumnya sudah sukses  mengeluarkan Hello Stranger, Suckseed dan Billionaire. And to told you the truth, ketiga film tersebut memang sukses menghibur movietard. Dan sama dengan para pendahulunya, romantic comedy ini sukses membuat movietard tertawa sampai capek di bioskop!

Story plot ATM Errak Error sebetulnya sederhana saja, mengikuti premis romantic komedi yang klasik. Jib dan Sua adalah pasangan kekasih yang terpaksa backstreet karena dikantor mereka menerapkan larangan menjalin hubungan percintaan dengan rekan sekerja. Ketika hubungan berlanjut serius dengan wacana menikah, permasalahan muncul karena Jib yang posisinya lebih tinggi dibanding Sua tak mau mengalah dengan berhenti kerja. Masalah personal tersebut diperkeruh dengan urusan kantor berupa mesin ATM rusak yang membuatnya mengeluarkan uang penarikan dengan jumlah ganda. Pertaruhan membuat Jib dan Sua bersama-sama menyelidiki  kasus ATM ini, yang membawa mereka bertemu dengan karakter-karakter aneh, seperti muda mudi yang tengah jatuh cinta, supir angkot, bibi pemilik laundry dan laki-laki pemelihara buaya *yes, a real crocodile* dan most of all, membawa perubahan besar pada kelanjutan hubungan Jib dan Sua.

Bukannkah dari cerita diatas, ATM Errak Error terdengar romantis? Faktanya formula rom-com dipelintir sedemikian rupa sehingga setiap scenes yang hadir justru malah sangat komikal. Ya, dilema perjalanan cinta Jib dan Sua tidak diisi dengan kegaulauan penuh dengan air mata, justu malah diisi dengan gesekan dua karakter utama yang begitu konyol dan natural. Jadi jangan harap anda akan melihat good looking couple dengan kehidupan yang sempurna dan good to be true, karena walaupun Preechaya memang adorable dan Chantavit memang super duper ganteng *when he wore a police costume, movietard dan audiens perempuan yang duduk bersebelahan langsung berbisik bersamaan ‘gantengnya’ See? Chantavit memang begitu eyes candy buat audiens perempuan*, tetapi keduanya tidak menjual penampilan uber-cool, justru, keduanya tampil begitu ‘lepas’ dengan melakukan banyak kebodohan-kebodohan yang mengundang tawa. But hey, those stupid acts just make we love them as a couple more, no?

Nilai plus ATM Errak Error adalah interaksi Jib dan Sua dengan para sidekick characters dalam pencarian uang yang melahirkan banyak adventure yang maksimal noraknya *lebay in our nowadays term*. Tetapi alih-alih membuat movietard jijik in a bad way, movietard justru tertawa lepas menikmati semua pergesekan tersebut, dari mulai kehadiran anak bos annoying yang naksir Jib, kehadiran supir angkot bergigi emas, kepala cabang bank di daerah, hingga pasangan muda-mudi yang suka show their love dengan cara yang maksimal lebaynya *scene membelah dada seolah mengeluarkan hati dengan slow motion kepada pacarnya is a won! It’s definitely the most-lebay-gombal scene at movies history!*. Ya, para karakter sidekick tersebut memang ditampilkan aneh, lengkap dengan dialog-dialog dan tingkah laku yang begitu kocak guna mengundang tawa audiens.

Well, memang sih beberapa sideplot dalam ATM Errak Error memang tak masuk akal seperti bagaimana semua karakter sidekick nyatanya saling kenal dan semuanya berelasi dengan penarikan uang di ATM, tetapi toh audiens tak akan peduli dengan hal tersebut karena sudah terlanjur jatuh cinta dengan huru-hara kocak yang ada didalamnya. Director Mes Tharatorn kelihatan sekali bersenang-senang dalam membuat film ini, menjadikan para pemainnya bertingkah konyol yang cenderung komikal dengan begitu convicing tanpa menjadi slapstick norak. Dengan semua huru-hara komedi yang ada, toh Tharatorn tetap sukses mengeksekusi ending ATM Errak Error dengan baik. Ya, setelah dibuat tertawa selama ¾ durasi film, audiens diajak untuk menyelami kemana hubungan Jib dan Sua berakhir melalui a very sweet (and still, made me laugh!) ending. Movietard diajak tertawa melihat bagaimana kegilaan Jib dan Sua saat keduanya saling menakuti dikantor tetapi juga diajak ikut terenyuh saat pernihakan mereka dibatalkan.

At last, walaupun ATM Errak Error memang memiliki formula standar rom-com hingga pada ending yang semua orang pun sudah tahu. Dalam versi standar ini, ATM Errak Error menghadirkan dua tokoh utama yang good looking, cerita yang simple dan menghibur dibalut dalam gambar yang colorful, yang membuat ATM Errak Error diatas rata-rata dibanding film rom-com Asia sejenis adalah, bagaimana dua main character punya charming yang pas. Ya, Chentavit dan Preechaya lebih dari sekedar punya daya tarik, mereka berdua seolah punya genuine natural charming yang sangat pas. Preechaya layaknya Witherspoon versi Thailand, begitu irresistible, sementara Chantavit layaknya Hugh Grant, tampil bodoh tetapi menawan. Jadi, ketika keduanya bertengkar, yang tersaji adalah perkelahian yang cute. Nilai plus lainnya, as I wrote before, the comedy content won! Pesan movietard hanyalah, lupakan logika anda, just laugh when watched this movies karena film ini memang lucu berat! Anyway, jangan lupa juga ya berharap suatu saat akan menemukan jodoh secakep Chantavit.

              “You are the only person in my life, who i don’t mind to losing to [Sua]”

Do You Know?
ATM Errak Error terinspirasi berdasarkan peristiwa nyata di Inggris, dimana sebuah mesin ATM memberikan jumlah uang double atas penarikan yang dilakukan
ATM Errak Error adalah film perdana Preechaya Pongthananikorn yang sebelumnya hanya membintangi iklan-iklan komersial, dan dia langsung mendapat kehormatan sebagai pemeran utama

My Rate
3 stars. ATM Errak Error is a very funny romantic comedy which made me completely laughed so hard. A simply story was delivered by great chemistry of its main characters and all thoses stupid sidekick characters.

One thought on “ATM Errak Error

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s