Brothers

The Plot
Sam (Tobey Maguire) dan Tommy Cahill (Jake Gyllenhaal) bersaudara, ketika Sam dinyatakan meninggal, Tommy menjadi dekat dengan istri dan anak Sam. Masalah datang ketika Sam kembali, dengan kondisi psikologis  tertekan.

The Comment
Brothers (2009) adalah salah satu film yang cukup ditunggu movietard sejak tahun lalu karena ada nama Jim Sheridan didalamnya. I knew him as a director from one of my favorite tearjerker movie, In America (2003) dan rasa penasaran dengan karya terbaru Sheridan yang diadaptasi dari film Denmark ini  semakin besar karena seperti In America, Brothers mengangkat penggalan family-drama with their cute kids. Bedanya, ada background perang dalam Brothers.

Sheridan meng-capture Brothers dengan pace yang cukup cepat dan memulai perjalan dua orang kakak beradik di dua tempat berbeda. Dimulai dari kedatangan Tommy paska keluar penjara dan keberangkatan Sam ke Afghanistan. Dan transformasi Tommy from the black sheep of family to good guy pun terjalin cepat melalui interaksinya dengan Grace (Natalie Portman) dan kedua anak Sam. Sementara nun jauh disana, Sam and one of his soldier are still alive, the only problem, Sam’s soul is dying after what he did to his soldier.

Brothers (2010) jelas punya tema yang serupa dengan In America, seberapa jauh kesedihan para orang tua akan mempengaruhi kehidupan suatu keluarga termasuk anak-anak mereka. Bedanya, Brothers memiliki plot yang lebih luas, yang melibatkan post traumatic stress para tentara perang realitasnya berdampak pula kepada keluarga mereka. Movietard pernah bertanya-tanya, bagaimana rasanya terjebak dalam chaos yang membuat hidup anda berada di ujung maut dan mengharuskan anda mempraktekkan ajaran dasar survival of living. Melalui karakter Sam, Brothers memberi gambaran nyatanya.

Brothers jelas menjadi salah satu superb performance Tobey Maguire yang mengembalikannya kepada roots as Indie guy. Maguire semula tidak dikenal sebagai heartthrob guy seperti Di Caprio, tetapi ketika Di Caprio mulai berubah haluan menjadi aktor serius, Maguire justru menjadi hero pujaan dunia dalam trilogy Spiderman. Movietard tidak menyalahkan pilihannya sebagai Peter Parker. Tetapi, jika anda pernah menyaksikan The Cider House Rules ataupun Wonder Boys, anda tahu Maguire has a real talent.

Dan Brothers menjadi bukti nyata bahwa pilihan Maguire meninggalkan franchise yang membesarkan namanya adalah pilihan yang tepat. Portman dan Gyllenhaal bermain cukup baik, tetapi penampilan superb Maguire seolah menjadikan film ini sebagai Sam’s show. Anda akan dibuat membenci Sam dengan tingkah dan penampilan fisiknya yang creepy, tetapi anda dibuat ikut berempati padanya, ketika Sam berbisik ‘I’m Drowning, Tommy’ anda melihat betapa riilnya ketakutan Maguire tersebut.

Film ini memang tidak se-tearjerker yang Movietard bayangkan, dan Sheridan dianggap banyak kritikus gagal untuk menyamai hasil dari original versionnya. But for me, it’s a great drama with intense story-line, film ini akan mengajarkan anda untuk melihat dari stand point para tentara, dan semoga, kisah Sam mampu menjadi therapy bagi para tentara yang mengalami kejadian serupa. Everyone is surely can back and live again because we always deserve a second chance.

Who was that said only the dead have seen the end of war? I have seen the end of war. The question is, how do I go on living? [Sam Cahill]

Do You Know?
Tobey Maguire mendapat nominasi Golden Globe 2009 dalam kategor Best Actor Performance
atas performancenya dalam Brothers (2009)
Brothers (2009) diadaptasi dari film Denmark berjudul Brødre (2004) dan keduanya mengambil inspirasi dari puisi Homer, The Odyssey yang menceritakan perjalanan Odysseus dalam Trojan War sementara istrinya menganggap Odysseus telah meninggal

4 thoughts on “Brothers

  1. menurut gw ini film yg cukup depresif ya, walopun pas liat posternya pertama kali, gw berharap lebih (lebih romantis gimanaaa gitu hahah)
    kalo akting Natalie sbg ibu2 kynya blm begitu cocok ya, masi kemudaan, Jack Gylleenhal jg ga istimewa.
    dan iya bener bgt, ini mengembalikan Tobey ke root film indie yang pernah membesarkan namanya.. sering2 doong si Tobey maen di film kayak gini. menurut gw dia aktingnya oke, cuman kurang terekspos aja.. gara2 Spiderman hahaha

  2. #Iin
    Iyaaaa gue juga berasa there’s something missing w/ Portman’s and Gyllenhaal’s act, mungkin karena Maguire terlalu dominan kali ya
    Gue juga gak sabar menunggu gebrakan Maguire lagi

    #Thisisrizka
    Agreed. Maguire jadi roh film ini ya, without him, Brothers mungkin gak akan sememorable ini😀

  3. Huhuhuh, baca review yang ini pas tersebut film In America, gua langsung teringat akan sebuah film yang bikin gua terenyuh sekaligus terharu pada jam 2 pagi didepan tv sendirian.
    Filmnya bener-bener bikin gua gak bisa tidur pas selesai nonton…
    loh kok malah ngomongin film lain? wuakakakaka…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s