The Ghost Writer

The Plot
Ex-british prime minister
Adam Lang (Pierce Brosnan) mempekerjakan The Ghost (Ewan McGregor) paska meninggalnya the old ghost, yang justru menyingkap rahasia besar dalam pemerintahan Inggris.

The Comment
Roman Polanski is back!
Paska tersandung beberapa masalah terkait dengan kehidupan personalnya, Polanski kembali dengan The Ghost Writer (2010). Diadaptasi dari novel berjudul The Ghost karya Robert Harris yang juga merangkap sebagai scriptwriter, The Ghost Writer mengangkat kisah perpolitikan Inggris lengkap dengan konspirasinya melalui kacamata non-politikus si penulis memoar, yang biasa dinamakan The Ghost.

Kisah The Ghost Writer bergulir dengan sederhana di awal. The Ghost diajak ke pulau terpencil di US untuk menulis memoar Lang, tetapi Polanski membawa penonton untuk sama-sama membuka tabir terkait dengan sosok Lang melalui karakter The Ghost. Kematian the old ghost yang mencurigakan serta penuduhan Lang sebagai penjahat perang membuat The Ghost semakin meragukan sosok Lang sebagai seseorang yang bersih. Tetapi, kita semua tahu, menyingkap dunia politik yang kotor tentunya bukanlah pekerjaan yang mudah bagi siapapun.

Harus diakui, kekuatan utama film bergenre political thriller terletak pada naskah yang ada. It’s supposedly to have a smart and intriguing dialogue but at the same time, it can’t be boring too. Dan di sini Harris dibantu Polanski mampu menyajikan script yang intens terkait dengan relasi Inggris dan US, yang tentunya akan disukai para penggila teori konspirasi. Walaupun terdapat bagian yang sedikit lambat sehingga bisa membuat penonton bosan, tetapi untuk ukuran political thriller, The Ghost Writer mampu tampil menghibur dengan diakhiri dengan ending yang baik.

Selain itu, Polanski berhasil menyajikan gambaran betapa kaku dan kejamnya dunia perpolitikan melalui tone warna yang suram. Tetapi yang justru istimewa di mata movietard adalah akting Olivia William yang superb dalam membawakan karakter Ruth sang istri prime minister. Believe it or not, intuisi movietard sebagai perempuan bekerja dengan baik saat melihat akting William sebagai Ruth dan membuktikan phrase behind every great man, there has to be a great woman. In my humble opinion, The Ghost Writer tentu bukan karya terbaik Polanski, tetapi tidak ada salahnya anda menyediakan waktu menonton film ini sebagai tribute untuk Polanski.

I feel like the wife of Napoleon on St. Helena [Ruth Lang]

Do You Know?
Post production The Ghost Writer
diselesaikan Polanski dari balik jeruji besi di penjara Swiss setelah ia ditangkap pada bulan September 2009
Karakter The Ghost yang tanpa nama membuat McGregor membayangkan nama untuk karakternya, dan pilihannya jatuh kepada Gordon McFarquor

5 thoughts on “The Ghost Writer

  1. Gue seumur2 ntn film Polanski baru The Pianist ama Oliver Twist, trs ini, yang ketara banget adalah nuansa Eropa klasiknya, dapet banget.. kayak ntn film2 festival gitu..

    Kalo dr jalan ceritanya sih, menurut gw serius dan mikirr banget ya, pas filmnya abis pun gue masih mikir, ” Oh, jadi gini bukan sih, jadi si X ini ada hub nya sama si Y, blabla.”

    kalo gak terbiasa ntn film2 serius, pasti bakal bosen ya.

    kalo buat gue sih, karena ini Polanski, jd haris ntn, dann ya biar otak gue sesekali dilatih mikir biar ga lumutan :))

    • Sama In, gue juga baru nonton karya Polanski The Pianist aja
      dan untuk ukuran film political thriller, The Ghost Writer is enough fun kok
      apalagi akting castnya keren”

  2. sbnr nya gw kl nonton film bertemakan politik selalu bosan, cuma di film ini enggak. malah seru banget ikt in pencarian nya sang ghost tersebut… ampe gw ikt an nebak sana sini, dialog nya bener2 di perhatiin. mantab sekali mang neh polanski

  3. belon nonton dan penasaran sekali karena saya sangat suka dengan pianist nya polanski..dan liat sinopsis ni film bikin nambah geregetan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s