Clash of the Titans

The Plot
Perseus (Sam Worthington) adalah anak setengah dewa. Tetapi, kematian keluarga angkatnya justru membuat ia ingin menghalangi kekuasaan dewa, yaitu dengan melawan Kraken.

The Comment
Clash of the Titans (2010) adalah remake dari film berjudul sama keluaran tahun 1981. Setelah terdapat versi anak-anaknya melalui Percy Jackson and the Lightning Thief (2010), greek mythology kembali hadir dalam versi dewasa melalui film ini. Yang membedakan, dalam Clash of the Titans, Perseus adalah anak Zeus yang hadir ketika Zeus menyamar menjadi raja Acrisius. Plot film ini menekankan pada perjalanan Perseus untuk menyelamatkan bangsa Argos dari amukan Kraken si penguasa laut.

Director Louis Leterrier dan para scriptwriter memang lebih menekankan pada action-plot daripada kedalaman cerita. Kemarahan para dewa terhadap manusia membuat Perseus yang demigod menjadi harapan satu-satunya Argos, jadi jangan heran jika dari awal, penonton sudah disuguhi kehadiran burung-burung neraka kiriman Hades, penyerangan Acrisius dan beberapa kalajengking, kedatangan kelompok djinn, penyerangan terhadap Medusa hingga perlawanan Perseus terhadap Kraken. Terdengar seperti awesome adventure tentunya.

Sayangnya, Class of the Titans versi 2010 ini tidak menyajikan sinematografi yang awesome sehingga petualangan Perseus dan rombongannya terkesan seperti perjalanan Hercules dalam seri televisi di dekade 90an. Honestly, dari awal menonton trailer Clash of the Titans versi 3D, movietard sudah merasakan bahwa film ini tidak bagus. That glowing Liam Neeson as Zeus didn’t work for me at all,  Edward Cullen shined better than him! Dari segi visual effect, banyak pengamat film yang menyatakan versi 2010 bahkan tidak bisa menyamai hasil kerja Ray Harryhausen dalam versi 1981, well, that’s absolutely 100% true.

Clash of the Titans menjadi bukti bahwa membuat remake dari film yang sukses bukanlah pekerjaan yang mudah. Computer generated image yang  tak cukup bagus, cheesy dialogue, perbedaan dengan mitologi asli, hingga kurangnya penggarapan karakter membuat film sekadar menjadi hiburan belaka. In my humble opinion, film ini justru akan menjadi sangat awesome jika dikeluarkan pada dekade 90-an karena special effect-nya mengingatkan movietard dengan film-film di masa itu.

Lepas dari semua itu, Clash of  the Titans menyajikan sebuah film hiburan penuh ala Hollywood. Apalagi, nama-nama seperti Liam Neeson, Ralph Fiennes, Mads Mikkelsen dan Nicolas Hoult hadir dalam film ini. Belum lagi ditambah dengan Gemma Artenton serta Alexa Davalos yang menjadi pemanis sepanjang film. Hanya saja, apa yang terjadi dengan Worthington dan accent Australianya yang tetap terdengar begitu kental walaupun ia berperan sebagai demigod?

Do You Know?
Kraken sendiri bukan bagian dari greek mythology, masyarakat Norwegia menggunakan nama itu untuk menyebut gurita raksasa
Clash of the Titans menjadi reuni bagi Liam Neeson dan Ralph Fiennes paska Schindler’s List (1993)
Jika anda perhatikan, dalam Clash of the Titans yang menjadi Aphrodite adalah Agyness Deyn, seorang model papan atas

10 thoughts on “Clash of the Titans

  1. ” tHAT gLOWING zEUS… ”

    hAHAHA.. i lOVE tHAT..

    sUMPAH eMANG wARDROBE aJA uDAH gA tERKONSEP..

    aPALAGI.. mERUBAH fILM iNI kE vERSI 3D hANYA dALAM wAKTU 2 mINNGU kURANG..!!

    mEMBUAT bANYAK pENONTON kECEWA..

    lUCUNYA lAGI.. “mEREKA” tAU aKAN mEMBUAT kEKONYOLAN dIFILM iNI tAPI “mEREKA” jUSTRU mAU iTU..

    cKCKCKCK..

    oN mY hUMBLE oPINION (6/10)

    • That’s why I didn’t watch it on 3D. Waktu Alice in Wonderland aja uda basi apalagi nonton Clash of the Titans
      Termasuk yang kecewa ya Yu? at least, Artenton bisa jadi penyegar mata buat lo

  2. Kayaknya gua yang beda nih. Gua suka film ini. Dibandingkan Percy Jackson. Gua suka adegan Medusa. Karena gua uda maen God of War, waktu Perseus mengendarai Pegasus berasa gua maen game di layar lebar. Mengenai Gemma, hmmm…seperti gua bilang di fb, tahun ini tahun Gemma deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s