How to Train Your Dragon

The Plot
Sebagai anak dari pemimpin viking di desa Berk, Hiccup (dubber: Jay Baruchel) berbeda dengan bangsa viking. Alih-alih berani melawan naga, ia justru berteman dengan naga Night Fury yang diberi nama Toothless.

The Comment
How to Train Your Dragon (2010) adalah animasi terbaru persembahan Dreamworks yang diadaptasi dari buku cerita anak berjudul sama. Sebelumnya, movietard sempat tidak ingin menonton film ini. Tetapi, banyaknya review positif terhadap hasil kerja duo sutradara Chris Sanders dan Dean DeBlois membuat movietard tergerak. Well, dengan plot cerita yang sederhana karena mengambil mitos bangsa viking dan naga, How to Train Your Dragon realitasnya menjadi film yang fun.

Tokoh utama film ini ada dua, Hiccup si ordinary boy yang selama ini dianggap ayah dan bangsanya sendiri sebagai loser, dan naga berwarna hitam metalik yang sangat cute tetapi tak bisa terbang, Toothless. Selanjutnya, How to Train Your Dragon mengajak penonton melihat interaksi mereka berdua yang mengundang tawa, melihat Hiccup yang belajar banyak kelemahan naga dari Toothless, hingga ketika Toothless dengan baiknya datang menyelamatkan Hiccup. Selain itu, terdapat para karakter yang tak kalah lucu, si pelatih Gobber the Belch ataupun Astrid si teman sekaligus love interest Hiccup.

Setelah Dreamworks mengobrak-ngabrik mitos Asia Timur melalui Kung Fu Panda (2008), kehidupan bangsa Viking nyatanya digambarkan dengan baik melalui narasi Hiccup. Melalui kacamata Hiccup, penonton diajak untuk melihat bahwa perbedaan bisa diatasi asalkan dengan niat baik. How to Train Your Dragon pun memiliki twist yang cukup baik walaupun plot ceritanya memang predictable. Hanya saja, in my humble opinion, dari segi kedalaman cerita dan joke, Dreamworks masih lebih pop dibanding produksi Pixar.

Lepas dari itu, yang membuat How to Train Your Dragon istimewa adalah, film ini menjadi salah satu animasi persembahan terbaik Dreamworks. Kehadiran cute characters nyatanya dibalut melalui format 3D yang baik. Ketika movietard menyaksikan How to Train Your Dragon dalam format 3D, this 3D was really works! Adventure Hiccup dan Toothless sangat terasa sepanjang film dan it was so awesome, so awesome.

Do You Know?
How to Train Your Dragon versi 3D release secara limited di Indonesia mulai tanggal 20 Maret 2010, sementara di US saja baru pada tanggal 26 maret 2010
Dibuat pula video game berjudul How to Train Your Dragon untuk  Xbox 360, PlayStation 3, Wii dam Nintendo DS, yang memungkinkan kamu menciptakan naga dan pertarungan sendiri

One thought on “How to Train Your Dragon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s