Hachiko: A Dog’s Story

The Plot
Ronnie (Kevin DeCoste) menjadikan Hachi sebagai topik ‘my hero’ di kelasnya. Hachi sendiri adalah anjing yang menjadi sahabat kakek Ronnie, Profesor Wilson (Richard Gere).

The Comment
Plot cerita Hachiko: A Dog’s Story (2009) memang terdengar sangat sederhana. Honestly, movietard sendiri sangat menyukai film yang mengupas interaksi manusia dengan binatang karena dulu pernah memiliki seekor kucing. Tetapi perlu diketahui, kisah anjing berjenis akita bernama Hachi yang sangat setia ini adalah kisah nyata yang terjadi di Jepang diera 30-an yang membuat Hachiko: A Dog’s Story memiliki nilai plus.

Ditangan sutradara Lasse Hallström, film ini seolah menjadi parade tiga babak  mengenai relasi Pofesor Wilson dengan Hachi. Pertama, periode Hachi kecil ditemukan di stasiun dan dibawa ke rumah yang membuat istri profesor Wilson Cate (Joan Allen) agak kesal. Kedua, saat Hachi sudah tumbuh dewasa dan benar-benar menjadi bagian penting dari keluarga Wilson, dan ketiga, kehidupan Hachi sepeninggal profesor Wilson.

Dengan model flashback melalui narasi Ronnie, Hachiko: A Dog’s Story jelas memang sebuah drama yang mengajarkan penonton umum tentang kasih sayang dan loyalitas binatang pada empunya. Bagi anda para pet lovers, film ini sangat direkomendasikan. Melihat interaksi profesor Wilson dengan Hachi kadangkala mengundang tawa tetapi juga sangat mengharu biru.

Gere dan Allen bermain pas, tetapi bintang dari film ini adalah Hachi yang tampil begitu menggemaskan dan ekspresif sekali. Untuk menambah kedekatan anda dengan Hachi, beberapa scene diambil dari Hachi’s eye view with white-black perspective yang membuat anda memahami perasaan Hachi. As an ex-cat owner, I really felt connected with this movie.

Do You Know?
Walaupun pernah rilis Seattle International Film Festival, Sony Picture tidak merilis Hachiko: A Dog’s Story secara luas di US dan langsung menjadikannya ke DVD
Sebelum Hachiko: A Dog’s Story versi Hollywood, film versi jepangnya telah ada yang berjudul Hachikō Monogatari dirilis tahun 1987

17 thoughts on “Hachiko: A Dog’s Story

  1. oh i love love this movie. rasanya pengen nemenin Hachi pasca kepergian si Prof. Huhuhu, gue kebayang2 matanya Hachi yg sendu..😦 gw ga prnh miara binatang,but this one is just a lovely tearjerker movie!

    • Bener In, gue juga nangis kok,
      well nggak selebai saat nangis My Name is Khan, tapi lima lembar tissue sih habis, suka banget sama ceritanya yang sederhana tapi heartwarming dan inspiring

  2. setuju sama review ini
    film ini nggak berhenti bikin gw senyum pada saat saat bahagianya hachi dan terus menerus bikin gw tersentuh ketika hachiko ditinggal majikannya

    • Hachiko jauh lebih pinter mengaduk emosi kita dibanding film” summer blockbuster ya
      Film ini bikin saya ketawa dan nangis hanya dalam waktu kurang lebih 2 jam, a good movie

  3. tHREE pOINTS..

    fAITH, dEVOTION, aND uNDYING lOVE !!!

    bIKIN gW hIKS..hIKS..hIKS sESENGGUKAN jUGA ( eMANG dASAR lEBAYY )

    oN mY hUMBLE oPINION (7/10)

    • Ah elo yu, kangen juga nonton sama elo deh, lo kan lebainya setara gueee *pisss*
      iya pas kemaren gue nonton sama anak” mereka gak ada yang termehek-mehek,aneh banget

    • lol.
      iya nggak nangis nggak apa” kok mas Eka. tapi pada akhirnya semua mengakui kalo film Hachiko ini memang bagusssss [masih heran kenapa diUS straight to the dvd]

  4. GREAT MOVIE..!!!!
    baru baca story nya.. airmata sudah bercucuran… apalagi nonton filmnya… ga bisa berhenti nangis. (sambil melukin anjing kesayanganku di rmh) hix hix hix…
    saya sangat sayaaaangggggg sama anjing..

  5. kalau dibandingin sama Marley and Me bagusan mana? jujur, saya nonton Marley and Me sempat bikin nangis, jadi inget ma anjing kesayangan saya yang mati ketabrak mobil…hiks..

    pengen nonton belum sempat, ntar kalau dah nonton saya comment lagi…

    link di blog saya yah…hehe

    • aku juga nangis pas di Marley and Me,well,duanya bagus sih
      tapi kalo Marley & Me ada unsur romancenya sementara Hachiko lebih pure menyoroti si Hachi ini,
      so far, aku lebih suka cerita Hachiko.
      kulink juga ya blognya😀

Leave a Reply

