My Name is Khan

The Plot
Rizvan Khan (Shahrukh Khan) bersama istrinya, Mandira (Kajol) dan anak tirinya, Sameer adalah warga India yang bermukim di San Fransisco. Dan ini adalah kisah perjalanan Rizvan Khan dalam mempertahankan keutuhan keluarganya paska 9/11.

The Comment
Seperti yang tertulis dalam preview sebelumnya, movietard termasuk audiences yang menunggu kembalinya trio Johar-Khan-Kajol kembali layar lebar. Penantian ini terbayar melalui My Name is Khan (2010), film yang menceritakan perjalanan Rizvan Khan, a muslim hero, yang akan mencuri hati anda sepanjang film, sejak ia kecil hingga menjadi seorang suami yang selalu menepati janji.

Sutradara Karan Johar sepertinya harus berterimakasih kepada budaya sinema india dengan durasi waktu panjangnya, yang memungkinkan ia mengeksplor karakter Rizvan dengan dalam. Pertama, anda diperkenalkan dengan sosok Rizvan kecil yang tinggal bersama ibu dan adiknya di Mumbai. Rizvan anak yang pandai, sayangnya, ia  mengidap asperger’s syndrome yang membuatnya kesulitan mengungkapkan perasaan, takut terhadap warna kuning, hingga tak berani bersosialisasi di lingkungan baru.

Ketika Rizvan pindah ke Amerika, ia jatuh cinta pada Mandira, janda beranak satu yang berprofesi sebagai hair dresser. Sayangnya, kejadian 9/11 mengubah segalanya dan mengharuskan Rizvan menempuh perjalanan penuh makna hanya untuk meneriakkan ‘My Name is Khan, and I’m not a terrorist’ di depan presiden US. Perjalanan Rizvan yang melalui banyak cobaan ini realitasnya menginspirasi kaum minoritas US.

Plotnya terdengar cliche? Bisa jadi, My Name is Khan adalah fairy tale yang diinginkan setiap kaum minoritas di negara adidaya. Bukan rahasia jika rasialisme di US telah mengakar begitu kuat, dan My Name is Khan memang telah mengambil sikap, menunjukkan muslim dari sisi yang berbeda, sisi putih. Apa film ini adalah salah satu propaganda pro muslim? Bisa jadi. Tetapi seperti yang berulang kali dikatakan Rizvan, agama bukan perbedaan, yang membedakan adalah kelakuan manusia yang baik dan buruk.

Johar dibantu dengan Shibani Bathija menulis skrip My Name is Khan dengan sangat detil dan menyentuh walaupun terdapat bagian  yang overdramatic dan out of logic, seperti ciri-ciri asperger’s syndrome yang tak tepat, banyaknya repetisi frasa ‘I’m not a terrorist’, hingga penyelamatan Khan terhadap para korban badai Katrina di Georgia. My Name is Khan memang tak bisa disejajarkan dengan Forrest Gump (1994), tetapi film ini sukses membuat movietard menangis. Performa Khan dan Kajol yang memang memiliki chemistry sangat kuat membuat pesan film ini tersampaikan dengan baik, mengenai pentingnya toleransi dan kekuatan cinta dalam menghadapi rintangan hidup.

We shall overcome. We shall overcome some day. Oh, deep in my heart. I do believe

Do You Know?
Kareena Kapor awalnya diplot berperan sebagai Mandira, tetapi Johar lebih memilih menggunakan aktris favoritnya, Kajol.
Di UK, My Name is Khan menghasilkan opening gross $ 1,48 juta hanya dalam 91 teater, yang menjadikannya sebagai film Bollywood dengan opening gross terbesar dalam sejarah.

8 thoughts on “My Name is Khan

    • Yea setuju, makanya saya bilang ada bagian yang sangat overdramatic dan nggak logis,
      tapi itu salah satu budaya India memang, si hero dibuat sangat heroik sekali walaupun mendapat cobaan yang sangat berat

    • ending yang ketemu presiden Obama memang bikin agak males, too good to be true banget terasanya
      Tapi disini memang ciri khas Hindi movie… overdramatic! kalau kata inal, reussss banget! [lol]

  1. Agreed, sayangnya beberapa bagian dibuat terlalu overdramatic, adegan SRK ditusuk pisau misalnya. Btw salam kenal, mari tukeran link😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s