Nine

The Plot
Guido Contini (Daniel Day-Lewis) adalah sutradara yang tengah mati ide untuk membuat film terbarunya.  Di tengah tekanan inilah, Contini justru memaknai kembali hubungannya dengan perempuan disekelilingnya.

The Comment
Dalam satu dekade terakhir, musical movie justru menjadi bagian tak terpisahkan dari industri perfilman Hollywood. Bahkan, musical movie seolah menjadi challenge menarik bagi para aktor karena dalam film genre ini, mereka dituntut tidak hanya pintar berakting, tetapi juga minimal bisa bernyanyi dan menari.  Dan dalam Nine (2009), challenge ini diambil oleh aktor kelas Oscar, Daniel Day-Lewis. Day-Lewis tidak sendiri, ia ditemani aktris yang juga kaliber Oscar.

Nine menyuguhkan sekuens hidup Contini yang belum tahu harus membuat film seperti apa. Dan ditengah kebingungan itu, ia belajar memaknai kembali hubungannya dengan perempuan all around him yang dirangkum in a quick glance. Berseting di Italia tahun 1965, anda disuguhkan hubungan Contini dengan ibunya (Sophia Loren), sang mistress Carla (Penelope Cruz), designer costume Lili (Judi Dench), wartawan Vogue Amerika Stephanie (Kate Hudson), main actres dalam film terdahulu Claudia (Nicole Kidman), hingga PSK di masa Contini kecil, Saraghina (Stacy Ferguson). Tetapi, kesemua kisah ini sebetulnya berelasi dengan hubungan antara Contini dengan sang istri, Luisa (Marion Cotillard).

Plot film ini sesungguhnya adaptasi dari film (1963) yang kemudian diadaptasi lagi ke panggung Broadway. Rob Marshall, yang sebelumnya sukses membesut Chicago (2002), mendapat kesempatan mendirectnya. Anehnya, walaupun sudah didukung dengan para bintang besar, Nine mendapat banyak kritikan. Well, harus diakui bahwa plot film ini terkesan flat mengingat tak semua audiens menyukai gaya penceritaan dimana musikal part yang menjadi bagiam dari dream-moment para karakternya.

Selain itu, durasi Nine yang hanya 118 menit belum dipotong oleh scene musical stage, membuat Loren, Dench, Kidman hingga Hudson tampil hanya sebagai penggembira. Tetapi, kredit lebih harus diberikan kepada Cruz dan Cotillard, both of them performed wonderfully! Dan tentunya, Day-Lewis tidak pernah mengecewakan anda.  Lepas dari segala kekurangan dari segi cerita, Nine menjadi eskapisme indah bagi anda penyuka musical movie karena Marshall berhasil menyajikan Nine tanpa melupakan sisi glamournya panggung.

Didukung dengan lagu-lagu indah yang sangat merefleksikan permasalahan para karakternya, kehadiran a series of great looking women dan one charismatic man membuat Nine layak tonton. Yang menyenangkan, para bintang tersebut tak ragu untuk menyumbangkan suara asli mereka dan melakukan musical stage act yang membuat anda terpukau. Lihat saja betapa ‘nakalnya’ Cruz saat menyanyikan A Call from the Vatican, dinamisnya Ferguson saat menyanyikan Be Italian hingga betapa mellownya Cotillard saat membawakan My Husband Makes Movies. Please make your day as Italian day!

Do You Know?
Nine menjadi nominasi di Golden Globe 2010 untuk best picture Comedy/Musical, begitupun Day-Lewis, Cottilard dan Cruz juga menjadi nominasi dalam Golden Globe
Javier Bardem menjadi pilihan pertama Marshall untuk memerankan Guido Contini, sayangnya ia mengundurkan diri dengan alasan terlalu lelah

6 thoughts on “Nine

    • durasinya sebetulnya sudah cukup kalo untuk ukuran bukan film musical sih, gue juga agak kecewa liat minimnya peran Kidman, Hudson dan Fergie😦

  1. gue agak boring ntn film ini, mungkin karena diambil dr pertunjukkan teater, yaaa, jadi aktingnya so lebay (baca : teatrikal) sekali.
    gue cuma menikmati dan terkagum2 sama Penelope Cruz yang both her body and her acting is coooooll! hahaha..

    • yup, boring bisa terjadi karena ceritanya sangat flat ya..tapi tuh kan, Cruz menyelamatkan film ini (plus Cotillard dan Day-Lewis), well, Day Lewis sebetulnya gak total2 amat sih tapi ngeliat dia try hard to sing rasanya puas😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s