Milk

The Plot
Harvey Milk (Sean Penn) adalah seorang aktivis dan politisi gay pertama yang terpilih menjadi anggota San Francisco Board of Supervisors, dan ini adalah biografinya.

The Comment
The most talented bad boy, bad man lebih tepat mengingat usianya saat ini, Sean Penn is back! Dan Milk (2008) menjadi bukti bahwa ia memang salah satu aktor paling berbakat di Hollywood. Setelah berhasil mengimpress movietard melalui I Am Sam (2001) dan 21 Grams (2003), Penn kembali menjadi bintang dalam film ini di mana ia memainkan karakter Harvey Milk dengan sangat meyakinkan.

Sejujurnya, tribute juga harus diberikan kepada Gus Van Sant. Menggunakan alur flasback, Van Sant mengajak kita melihat kehidupan Harvey Milk lebih dalam. Selain berhasil menampilkan suasana San Fransisco tahun 70an dengan sempurna, dengan cerdik, Van Sant juga menampilkan footage nyata dan membuat beberapa scene dalam bentuk dokumenter, yang membuat Milk seolah benar-benar riil.

Selain itu, patut diingat salah satu kesulitan membuat biografi adalah merangkum kisah hidup si tokoh yang panjang dalam durasi hanya 2 jam, dan dalam hal ini Writer Dustin Lance Black juga harus diberikan tribute lebih. Lance Black berhasil menampilkan Harvey Milk apa adanya dan tidak berjarak dengan penonton. Dengan model tiga babak, anda pertama diperkenalkan dengan dengan keresahan Harvey Milk ketika berulang tahun ke40 dan menganggap dirinya belum melakukan apa-apa, kemudian anda diajak melihat kepindahan Milk dan dan Scott (James Franco) ke San Fransisco dan membuka Castro Camera hingga ketika Harvey Milk berjuang mengikuti election.

Aktor-aktor muda seperti James Franco, Emile Hirsch, Diego Luna hingga Josh Brolin tampil dengan baik. Tetapi performa Penn yang superb-lah yang menjadikan film ini bernyawa. Penn berhasil menampilkan sosok Harvey Milk yang gay dengan gesture yang sempurna, dimana dibalik semangatnya memperjuangkan hak-hak kaum minoritas, toh Penn juga menyajikan sisi lembut dan rapuh Harvey Milk. Dan Penn berhasil membawa anda mengenal sosok Harvey Milk lebih dekat tanpa prejudice tertentu.

In my opinion, ini salah satu film biografi terbaik yang pernah ada, lepas dari pro kontra yang ada dimana Milk dianggap  alat propaganda untuk mendukung kaum LGBT. Yang harus anda hargai adalah perjuangan Harvey Milk yang sangat inspiratif untuk mengajak anda selalu berusaha, seperti apa yang didengungkan Harvey Milk dalam pidatonya,

Without hope, life is not worth living

Do You Know?
Milk menghadiahi Sean Penn patung Oscar untuk kategori best leading actor dan Lance Black memenangkan best screenplay pada Oscar 2009
Milk menempati peringkat satu film terbaik 2008 dalam list Peter Travers (Rolling Stone) dan Michael Rechtshaffen (The Hollywood Reporter)
Setelah mencium Franco, Penn mengirim sms kepada Madonna yang bertuliskan “I just broke my cherry kissing a guy” dan Madonna membalas, “Congratulations!”

7 thoughts on “Milk

    • aihhh si jeung ternyata maeennn, *malu modeon*
      tergantung elo sukanya apa Ki, biasanya tiap org punya genre2 fave gitu, kalo misalnya lo lebih suka drama tapi nanti gue rekomennya horror kan gak bakal cocok juga
      btw, Milk ini bagus kok, based on true story, ada nilai2 yg bisa dipelajari juga

      samaaaa,gue juga sampe maret kayaknya bakal kayak gini nih😥

      • duilee..
        keren kok jeung blognya, i love all genre movies, except horror jeung, hahaha..
        oh, milk ini based on true story ya? ntar gw cari deh, biasanya yang based true story filmnya bagus. mau recommend buat film perancis bagus ada gag jeung gie? udah lama gag belajar bahasa ituh..

        ps. kalo ntar ada kabar2 sk kabar2in ya jeung, tengkyuuu…😀

    • waktu itu gue sempet nonton beberapa film perancis di festival sinema prancis, fave gue sih Le premier jour du reste de ta vie, film family gitu dan ceritanya sangat heartwarming,
      tapi ada juga film perancis yang juga oke dan menang di cannes kemarin, The Class

      p.s sippo jeung,so far belon ada kabar sih🙂

  1. sETIDAKNYA mELIHAT fILM iNI dAN bROKEBACK mOUNTAIN gA bIKIN gW jIJIK … gA kAYA bABI bUTA yANG iNGIN tERBANG.. jIJIK bGT gW nGELIATNYA…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s