Y Tu Mama Tambien

The Plot
Tenoch (Diego Luna) dan Julio (Garcia-Bernal) bersahabat erat. Mereka bertemu dengan Luisa (Maribel Verdu), sepupu jauh Tenoch dan ketiganya ber-road trip menuju pantai the mouth of heaven.

The Comment
Y Tu Mama Tambien (2001) menjadi sebuah extraordinary adventure besutan sutradara muda Alfonso Cuaron paska Great Expectations (1998). Dengan seting Mexico city, this is not kind of Hollywood teen drama. Bersama dengan saudaranya Carlos, Alfonso menulis skripnya menjadi sebuah perjalanan pencarian jati diri bagi Tenoch, Julio dan Luisa.

Dengan menggunakan model narasi, Y Tu Mama Tambien mengajak anda melihat interaksi Tenoch dan Julio yang ditambah oleh Luisa dalam tigaperempat film. Scene yang full frontal with nudity realitasnya dibalut Cuaron dengan elegan sehingga tidak terjebak pada cheap teen drama. Actually, this movie isn’t only about sexual adventures , Cuaron dengan pintar menyelipkan banyak isu sosial terkait dengan kondisi sosial ekonomi di Meksiko melalui karakter Tenoch dan Julio berasal dari keluarga yang berbeda dan keduanya menjalani everday life di kota yang penuh dengan demonstrasi, politisi korup, obat bius, hingga bunuh diri.

Karakter Luisa sendiri menjadi tokoh sentral sekaligus filter dalam cerita ini. Ia memberikan apa yang diinginkan Tenoch dan Julio, tetapi yang tidak dipahami keduanya, Luisa tahu betapa kuatnya bonding Tenoch dan Julio. Well, mereka berdua realitasnya telah berbagi segalanya dan adventure ini menyingkap inner passion dalam friendship dua anak muda berusia 17 tahun yang sedang puber.

Ending Y Tu Mama Tambien membuktikan pengerjaan skrip yang brilian dari Cuaron bersaudara. Dan film ini membuktikan bahwa petualangan memang berharga mahal dan bagaimanapun, anda harus menjadi dewasa. Tetapi toh anda jangan takut bertualang! Karena seperti yang dikatakan Luisa,

Life is like the surf, so give yourself away like the sea

Do You Know?
Y Tu Mama Tambien menjadi nominasi Golden Globe Best Foreign Language Film pada tahun 2002, dan nominasi Oscar best screenplay bagi Cuaron bersaudara tahun 2003
Y Tu Mama Tambien menjadi film pertama Cuaron setelah 10 tahun yang menggunakan bahasa utama Spanish

7 thoughts on “Y Tu Mama Tambien

  1. wooww.. ini salah satu road movie favorit 9ue, dan film awal mula 9w kenal y9 namanya Gael garcia Bernal. plus Diego luna.
    tema pencarian jati diri, khususnya eksplorasi sexual experiences-nya san9at terasa. dan endin9 yan9 di kafetaria itu, haha.. nice!

    kira2 kalo bisa bicara tu ade9an akan bilan9 : ” ya udah lah ya, kita dulu pernah punya masa muda yan9 seru, tapi, hidup toh jalan terus, man!” hahaha..

    • yup,endingnya emang sangat tepat, justru saya malah gak bisa membayangkan kalau Tenoch and Julio tetap berteman setelah adventure mereka itu
      setuju banget in, film ini jadi one of ma fave road movies,
      imho, kayaknya 3 Hari Selamanya agak sedikit niru Y Tu Mama Tambien ya

      • 3 Hari Untuk Selamanya mungkin lebih ter-inspired.
        tapi yg lebih menurut gue agak terasa de ja vu itu : Filmnya Upi yg Realita Cinta dan Rock n Rol, ada Vino, Junot dan ceweknya si Nadine. hwahaha.. ini sih pendapat pribadi gue, dan kayaknya banyak di forum2 internet yg menduga kayak gitu.
        😀

      • oh iya…. Realita Cinta & Rock n Roll, gue baru inget,kemaren sempet mikir juga,kayaknya gak hanya 3 Hari deh,film Indonesianya ada lagi yang mirip
        cuman di Realita memang gak seeksplisit di Y Tu Mama Tambien ya…dan subplotnya malah lucuu banget (terutama dengan munculnya Barry Prima)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s