Disco Pigs

The Plot
Pig (Cillian Murphy) dan Runt (Elaine Cassidy) sudah berteman sejak mereka lahir, dan ini kisah perjalanan hidup mereka dari kecil hingga berusia 17 tahun.

The Comment
Disco Pigs (2001) merupakan coming-of-age movie dengan cita rasa yang sangat quirky. Ditangan director Kirsten Sheridan dan scriptwriter Enda Walsh, film ini menjadi salah satu love story remaja yang sangat painful.
Kenapa? Karena film ini menyodorkan cerita remaja coming-age, pure love, hingga ketakutan akan dunia luar dalam bentuk radikal.

Harus dipahami bahwa Pig dan Runt adalah karakter yang berada dalam wilayah abu-abu, bukan protagonis ataupun antagonis. Sebut saja mereka ‘the other’ yang berbeda dari masyarakat umum. Mereka seolah memiliki koneksi batin yang membuat lahirnya kesamaan kebiasaan, termasuk menjahili orang lain. Masalah datang ketika diusia 17 tahun mereka dipisahkan untuk pertama kalinya yang membuat Pig sadar ia mencintai Runt. Dan ketika perasaan cinta ini sudah meledak, toh ada harga yang harus dibayar.

Dialek khas Cork Irish membuat Disco Pigs menjadi agak sulit dipahami jika tidak membaca subtitlenya. Nilai plusnya, Murphy dan Cassidy bermain sangat gemilang dan membuat anda memasuki dunia Pig dan Runts yang berbeda. Dengan ending yang menyedihkan, film ini pada akhirnya tetap menghadirkan banyak pertanyaan, apakah Runt sebetulnya juga mencintai Pig? Atau ia memang ingin lepas dari bayang-bayang Pig sekali saja dalam seumur hidupnya?

Do You Know?
Disco Pigs diadaptasi dari drama panggung berjudul sama pada tahun 1996, dan Cillian Murphy menjadi Pig dalam drama tersebut.

Judul Disco Pigs tampak diambil dari banyaknya adegan Pig dan Runt di klub, dan ketika berdisko, kamera mengambil adegan ini secara hyperkinetik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s