Brideshead Revisited

The Plot
Ini cerita flashback Charles Ryder (Matthew Goode) yang berteman dengan anak dari Lord
Marchmain, keluarga katolik aristokrat Inggris yang tinggal di mansion mewah Brideshead.

The Comment
Brideshead Revisited (2008) adalah adaptasi dari novel berjudul sama karangan Evelyn Waugh, yang menceritakan tentang keluarga Katolik taat yang penuh intrik dilihat dari kacamata seorang pelukis muda agnostik, Ryder. Tetapi, alih-alih menyajikan intrik keagaamaan tersebut, director Julian Jarold dan scriptwriter
Andrew Davies justru membawa kisah ini menjadi Atonement part II.

Berseting Inggris tahun 1920an, Brideshead Revisited justru menyuguhkan main plot berupa triangle love melalui  tokoh kakak beradik Julia dan Sebastian Flyte yang sama-sama menyukai Ryder, the middle class guy. Hal ini membuat plot pergulatan anak-anak Marchmain yang dibesarkan dalam ajaran katolik hanya menjadi subplot saja. Sayangnya pula, Goode seolah lost in direction dalam membawa karakter Ryder. Padahal Ryder-lah individu utama yang merasakan konflik batin terkait dengan ketidakpercayaannya tersebut.

Dalam film ini, karakter Lady Marchmain (Emma Thompson) dan Sebastian Flyte (Ben Wishaw) justu mencuri perhatian dibandingkan Ryder. Sebagai seorang Lady yang suaminya lebih memilih tinggal bersama sang mistress, Thompson menunjukkan akting yang brilian sebagai ibu yang menginginkan hal terbaik bagi anak-anaknya, walaupun hal tersebut justru membuatnya dibenci oleh si anak. Selain itu, Wishaw tampil baik dalam membawakan karakter Sebastian yang bertransformasi dari karakter yang alcoholic dan childish menjadi lebih mature.

Brideshead Revisted secara kualitas berada jauh di bawah Atonement (2007). Tetapi, Jarold berhasil memanjakan penonton dengan view indah di lingkungan mansion Brideshead dan sekelilingnya. Selebihnya, film ini hanya menjadi kisah cinta tak sampai Ryder yang terjadi bukan karena misunderstanding, tetapi karena love interestnya lebih memilih taat terhadap ajaran agamanya.

Do You Know?
David Yates mundur sebagai director Brideshead Revisited, padahal Paul Bettany, Jude Law, dan
Jennifer Connelly sudah dicast oleh Yates untuk project ini
Brideshead Revisited juga dibuat versi serial televisi 11 jam pada tahun 1981 dan beberapa kritikus menyebut versi tv tersebut lebih baik dari film ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s