Avatar

The Plot
Ketika manusia bumi datang ke planet Pandora, Jake Sully (Sam Worthington) terpilih karena ‘keadaan’ sebagai messenger program Avatar untuk mempelajari bangsa Na’vi. Dan ini adalah kisah Jake menjadi mahluk biru itu.

The Comment
Avatar (2009) adalah science fiction epik yang lahir dari director yang juga seorang inovator sejati, James Cameron, seorang visioner yang memiliki kemampuan menciptakan teknologi 3D sendiri berupa e-motion capture technology serta kesabaran diri. Banyaknya review positif dari hasil press screening membuat movietard sangat menunggu film ini dan ekpektasi ini terpenuhi, bahkan, Cameron berhasil mengimpress movietard jauh lebih dalam daripada yang ia lakukan melalui Titanic (1997).

Landscape dan all the species di Pandora adalah magical picture yang disajikan Cameron dalam Avatar. Hutan yang indah, hewan-hewan aneh yang menarik, gunung yang melayang, dan tentunya, mahluk setinggi 9 kaki berwarna biru yang bernama Na’vi dengan kebudayaan yang sangat menghargai alam membuat Avatar is visually stunning and gorgeous. Dalam format 3D, semuanya terasa lebih hidup dan membuat anda seolah ikut masuk ke dalam Pandora.

Tetapi, Cameron juga selalu menyajikan drama yang menyentuh, dan dalam Avatar, hal ini dihadirkan melalu karakter Sully bersama dengan Neytiri (Zoe Saldana), si putri pemimpin suku. Mereka jatuh cinta dan Sully belajar satu hal penting dari Neytiri yaitu gunakan perasaaanmu. Sully yang mati rasa perlahan mulai belajar merasakan dan menghormati alam kembali. Anda pasti paham bahwa Cameron menyindir manusia yang selama ini sudah terlalu jahat dengan alam.

Ada beberapa pesan subliminal lain dari Cameron, seperti bagaimana karakter dan culture bangsa Na’vi sedikit mirip dengan bangsa Indian ataupun masyarakat kulih hitam, yang dapat dilihat dari costume, aksesoris tubuh, cara mereka berperang dan berdoa yang sangat menunjukkan culture Indian dan Afrika sekali. Dan dalam hal ini, pemilihan cast bagi bangsa Na’vi pun dilakukan dengan pas. Saldana ataupun Pounder memang memiliki darah keturunan Afrika.

Pesan Avatar memang sederhana, tetapi plot sederhana tersebut dibalut dengan sangat baik oleh tangan dingin Cameron, yang seperti raja midas, mampu mengubah hal simpel menjadi spektakular. Adegan aksi antara pesawat tempur bersenjata melawan Na’vi yang menembak dengan panah menunjukkan adanya perlawanan modern vs. tradisional disajikan dengan sangat megah dan membuat anda akan merasa, manusia seperti Col.Quaritch adalah mahluk yang jahat.

Anda termasuk audience yang beruntung menjadi saksi mata epik ini karena Avatar adalah tonggak penting dalam sejarah perkembangan film 3D. Teknologi yang digunakan Cameron di film ini  realitasnya juga akan digunakan Spielberg dan Peter Jackson dikemudian hari. Dan sekali lagi, Cameron membuktikan bahwa rentetan aksi yang disajikan Michael Bay dan kumpulan film action musim panas lalu hanyalah appetizer, dan Avatar adalah main menunya.

Do You Know?
Avatar dinominasikan dalam Golden Globe ke 67, termasuk didalamnya untuk Best Motion Picture Drama dan Best Director untuk Cameron
Bahasa Na’vi diciptakan Cameron bersama dengan profesor linguistik Paul Frommer yang menjadi kepala Centre of Management Communication di USC

17 thoughts on “Avatar

  1. Huhuhu…. asiknya yang udah nonton Avatar. Gua belum sempet soalnya masih harus kerjain tugas sebelum UAS, wuakakakak…
    gua mau nonton 3D Dulu biar menikmati gambar, baru nonton Versi 2D biar menikmati ceritanya, wuakakak…

    • kayaknya kebalik deh el, mending ntn yang 2D dulu supaya bisa ngerti ceritanya, soalnya kemaren pas nonton gue jadi agak bego karna no subtitle itu😦

    • salam kenal juga horrorpopcorn!
      blog kamu saya link ya, senang bisa kenalana sama movie lovers juga
      Avatar memang harus masuk list must to watch
      actually, besok saya juga mau nonton Avatar lagi kok, abisnya kemarin agak gak ngerti😛

    • banget non! kalo 2D sih masih oke tapi emang Avatar diciptain Cameron ya lewat teknologi 3D yang dia bikin sendiri,
      sayang kalo gak nonton 3Dnya,emang agak lebih mahal seidkit, but it’s definitely worth it, disana ada kan ya?
      DD6BM2969DZR

  2. film2 model gini tadinya bukan genre saya.. tapi Avatar dan James cameron benar2 menggoda untuk ditonton.. tentunya dalam format 3D. wow.. bener2 indah sekalai imajinasi beliau.. wahahha parah parah parh. detail banget yah. dan semua yg ada di Pandora itu bener2 aduuh pokoknya magnificent!

    cuman karena gue terlalu excited apa gimana ya, abis ntn ni film di 3D kok gue berasa capeeek banget. 2,5 jam melototin layar 3D, dengan otak yang berlayar kemana2, hmm.. quite wasted my energy . tapi worth it kok.🙂

    • Durasinya memang agak lama ya In,
      bahkan waktu nonton kemarin mengingat tanggal premierenya sama dengan Sang Pemimpi, saya terpaksa marathonan, tapi toh Avatar memang secara visual is sooo stunning, sepanjang film cuma bisa kagum betapa detilnya planet Pandora itu
      yea, bener, it’s definitely worth it!

  3. Adegan2 dan jalan cerita Avatar banyak nyontek anime2nya Ghibli, khususnya yang karya Miyazaki Hayao. Sama sekali gak original. Tapi mereka jadiken cerita format standard hollywood, apalagi endingnya filosofi amerika banget.
    Please check: Princess Mononoke, Nausicaa, Laputa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s