Paranormal Activity

The Plot
Sejak kecil, Katie (Katie Featherson) merasa diikuti oleh suatu kekuatan supernatural. Pacarnya, Micah (Micah Sloat), berusaha menangkap fenomena ‘hantu’ ini dengan video kameranya.

The Comment
Menjadi trending topic di salah satu microblogging populer, Paranormal Activity (versi 2009) membuat movietard penasaran setengah mati, kenapa para bule sangat suka film ini? Thank God, movietard berhasil menontonnya melalui pita 35 mm di layar lebar. Dan akhirnya, movietard paham apa yang menjadi daya tarik Paranormal Activity.

Director Oran Peli mengajak penonton seolah melihat real moment dalam format dokumenter. Style yang sama dengan Blair Witch Project (1999), tetapi Paranormal Activity realitasnya lebih simpel karena menyajikan cerita dalam seting sehari-hari, di dalam rumah dan secara spesifik, ketakutan terbangun hanya dalam bed room!

Di sini, Peli menyodorkan film horror serupa apa yang pernah dilakukan Shyamalan melalui The Sixth Sense (1999), yaitu atmospheric horror. Film horror jenis ini memang mengandalkan pada suasana yang dibangun, bukan pemunculan mahluk entah apa itu. Dari awal, Peli telah mengajak penonton menjadi video kamera yang dipasang Micah yang membuat anda seolah ikut berperan dalam film ini. Inilah yang menjadi salah satu kunci kesuksesan Paranormal Activity untuk menakuti anda.

Ritme film pun telah diatur sedemikian rupa, dalam waktu tiga minggu, penonton disajikan ketegangan dari mulai kategori ‘biasa’ hingga tingkat tinggi hadir melalui layar video kamera amatiran. The last, Peli membayar kesabaran anda menjadi video kameranya dengan sebuah ending yang luar biasa. Yang pasti, film ini membuat anda merasa insomnia di tempat tidur hingga jam 3 pagi adalah hal yang buruk.

Do You Know?
Paranormal Activity bukan film baru, original version telah dibuat tahun 2007. Versi 2009 memiliki beberapa tambahan scene dan ending yang berbeda.
Dengan budget $15.000, film ini menghasilkan gross $107.1 00.000 di US dan Kanada, and it has become the most profitable independent film ever!

3 thoughts on “Paranormal Activity

  1. Emmmm… setuju Film ini memiliki klimaks yang nendang banget, padahal dari awal sampe menjelang klimaks gua ampe ngantuk ngikutinnya. Cuma ada 2 Adegan yang bikin gua membuka mata lebar-lebar dan menahan nafas. Adegan pas Katie ditarik dari tempat tidur dan pas klimaks.
    Yup, gua akui film ini tidak lebih seram dari Acara Percaya Nggak Percaya, namun gua akui gua mulai parno pas malam hari ketika ingin memulai tidur. hihihhi…

    • iyaaa awalnya si biasa aja. gak tegang2 bgt tapi pas pulang dan naik ke tempat tidur baru kepikiran deh, duh…
      nonton di Inaff juga ellious?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s