Astroboy

MV5BMTI5NTEwNTcxMl5BMl5BanBnXkFtZTcwMDEyMTE4Mg@@._V1._SX270_SY400_

The Plot
Toby/Astro (dubber: Freddie Highmore) adalah bocah robot ciptaan Dr. Tenma (Nicolas Cage), dan ini seharusnya menjadi awal mula penemuan jati diri Toby untuk menjadi pahlawan dunia.

The Comment
Astroboy (2009) adalah hasil adaptasi Hollywood dari salah satu manga Jepang paling terkenal karangan Osamu Tezuka. Diterbitkan pertama kali tahun 1952, Astroboy menjadi salah satu manga sci-fi favorit di seluruh dunia. Tetapi, film Astroboy tidak akan bisa menyamai posisi manga tersebut karena jujur, walaupun telah dibuat dengan format computer generated image (CGI), kualitas film ini hanyalah berada dalam kategori standar, not as bad as Dragonball Evolution but still not a great movie.

MV5BNzI4Mjg5NDU4N15BMl5BanBnXkFtZTcwOTYzMjQ4Mg@@._V1._SX600_SY255_Movietard  tidak menyalahkan David Bowers sebagai director, tetapi lebih kepada scriptnya. Script yang sangat amerika-minded nyatanya cukup mengganggu bagi anda yang memahami sedikit budaya kaku Jepang. Akibatnya, cerita tidak terbangun dengan baik dari awal. Memang, pace agak meningkat ketika Astro berinteraksi dengan anak-anak bumi. Selain itu, kehadiran Trash Can, Robot Liberation Front ataupun pertarungan gladiator ala robot memang cukup menghibur, tetapi storyline utama mengenai pergolakan batin Astro justru menjadi tidak diangkat dengan dalam.

Di sisi lain, visualisasi CGI dalam film ini tampak sangat populis sehingga membuat kita merasakan intertekstualitas dengan film animasi sejenis seperti sebut saja, Wall-E. Padahal, bisa saja justru Andrew Stanton si director Wall-E yang terinspirasi oleh cerita Astroboy. Ketika para eksekutif Hollywood menganggap Astroboy hanyalah cerita sci-fi anak-anak sehingga dengan membuat adegan pertarungan keren antara Astro dengan robot yang jauh lebih besar telah dirasa cukup, padahal realitasnya, Astroboy jauh lebih dalam dari itu.

Do You Know?
Scarlett Johansson seharusnya mengisi suara salah satu teman Astro, Cora, tetapi ia digantikan oleh narator Gossip Girl, Kirsten Bell
Di opening week-nya, Astroboy hanya menempati peringkat kesepuluh di Jepang dengan pendapatan $328,457

2 thoughts on “Astroboy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s