FC Venus

article212FcVenus_nettialakuva

The Plot
Ini cerita Anna (Minna Haapkylä) dan Pete (Petteri Summanen) serta sekelompok pasangan lainnya di Finland. Perseturuan terjadi karena para prianya adalah pecinta bola sementara para perempuan adalah pembenci bola.

The Comment
Setelah Mira Nair sukses membesut Bend It Like Beckham (2002), FC Venus (2005) kembali membawa kita melihat realitas yang telah membudaya di Eropa, bahwa sepakbola telah menjadi obyek cinta nomor satu, yang bahkan mengalahkan cinta pria kepada perempuan. Hal yang tidak pernah akan anda lihat dalam film produksi Hollywood karena football tidak pernah menjadi olahraga mainstream di US.

fcvenus_mainosPadahal, banyak cerita lucu yang dapat digali dari fanatisme para supporter. Dan dalam film ini, terwakili dari sekelompok laki-laki 20-40an yang sangat tergila-gila bola. Walaupun tahu mereka tidak berbakat dan hanya bermain di divisi 7, they are still in love with football. Yang sayangnya, hal ini justru dibenci oleh mother, wifes and girlfriends. Anggap saja FC Venus adalah film yang mengcapture perbedaan pria dan perempuan ini dalam memandang makna sepakbola, tanpa memihak salah satu. Ketika khotbah pernikahan telah berbau bola, ketika hadiah anak-anak yang diterima semuanya adalah bola sepak, ketika interior kamar didominasi Real Madrid dan Beckham hingga ketika para pria bermaksud meninggalkan pasangan mereka hanya untuk menikmati indahnya summer dengan menonton world cup, anda mungkin tertawa melihatnya dan berkata, tidak mungkin! Faktanya, it’s real dan disinilah cinta para pria dan perempuan itu diuji.

fcvenusPete dan Anna dimaksudkan menjadi main character disini. Tetapi, dukungan para supporting character-nyalah yang membuat film ini  menjadi bloody funny. Walaupun terkadang mengandung humor kasar dan sexist, tetapi tawa tak akan berhenti seperti saat Sari menganggap offside adalah posisi pemain, ataupun FC kepanjangan Fucking Cool. Dukungan skrip yang lucu dan penuh referensi budaya pop membuat FC Venus is a great comedy about love relationship, baik sesama manusia ataupun antara manusia dengan sepakbola. Dan anda akan menikmati saat dimana para perempuan (plus satu laki-laki kemayu) belajar bermain dan mencintai sepakbola.

Do You Know?
Skrip FC Venus diadaptasi menjadi sebuah film berjudul sama produksi Jerman pada tahun 2006
AC milan disebutkan dua kali dalam dialog, dan terdapat scene anak kecil berbaju AC Milan menendang bola diakhir, it’s prove how great AC Milan is!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s