Cloudy with a Chance of Meatballs

2ndcloudymeatballposter

The Plot
Sejak kecil, Flint Lockwood (dubber: Bill Hader) bercita-cita menjadi inventor. (Satu-satunya) invention Flick yang sukses adalah alat perubah air menjadi makanan, segala makanan.

The Comment
Movietard menyaksikan film animasi Cloudy with a Chance of Meatballs (2009) tanpa ekspektasi banyak. Pertama, film animasi ini datang bukan dari Pixar, tetapi dari Sony dan saya telah memiliki stereotype there’s no animation movies are better than Pixar’s movies. Kedua, hal terbesar yang mendorong movietard untuk menonton film ini bukan ceritanya, tetapi format 3D.

2005376Tetapi, cerita mengalir dengan baik. Well, mungkin tidak sedalam storyline animasi buatan Pixar tetapi cerita dalam Cloudy with a Chance of Meatballs jauh lebih bagus dibandingkan animasi buatan DreamWorks dan 20th Century Fox yang cenderung menyajikan joke dewasa dan kasar. Faktanya, film ini adalah hasil adaptasi buku cerita bergambar yang ditulis oleh Judi Barrett pada tahun 1978, so, semua joke ini  pantas didengar anak-anak.

Apa yang saya suka dari film ini? Pertama, nilai-nilai yang disampaikan sangat menyentuh. This movie isn’t just about food! kekosongan yang melanda kota Flint akibat ketergantungan terhadap sardines terasa sangat miris.  Makanan sendiri menjadi entry point atas relasi para karakternya. Flint yang nerd tetapi didukung penuh oleh ayah ibunya, hubungan Flint dengan ayahnya yang kaku tetapi sangat heartwarming (adegan translator yang dipakaikan kepada Lockwood Sr showed us how difficult for men to showed their real feeling), Sam Sparks yang menyembunyikan kesukaannya akan science dan seolah tampil menjadi perempuan umumnya yaitu dengan make up dan terlihat clueless.

6a00e54ee7b64288330120a5cde3c6970c-500wiKedua, humor yang disajikan sangat yummy, say thanks to the foods! Melihat burger,jell-O, pizza, ice cream, twister spaghetti hingga perahu dari roti sangatlah menyenangkan. Joke yang disajikan juga sangat pintar dengan adanya penayangan global tentang rain food hingga ke daerah timur tengah dan RRC, kehadiran kameraman yang merangkap dokter hingga kehadiran Baby Brent yang membuat kita melihat sisi lain fame celebs, dan tentang makanan yang bermutasi, it’s kind of smart joke!

Ketiga (honestly, yang pada awalnya menjadi poin utama saya), 3D format membuat film ini jauh lebih indah untuk dinikmati karena makanan yang sudah oversized itu semakin oversized dan pastinya, the foods yumminess is totally undeniable dan bahkan, film ini seolah membuat doomdays tampak tidak lagi tampak menakutkan melainkan sangat delicious.

Do You Know?
Nama invention yang mengubah water to food ini adalah Flint Lockwood Diatonic Super Mutating Dynamic Food Replicator yang disingkat menjadi FLDSMDFR
Pulau Indonesia juga sempat muncul dalam film ini, tepatnya saat dunia seluruhnya terkena rain food

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s