2001:A Space Odyssey

2001poster

The Plot
Ini cerita tentang sebuah monolith yang hadir dari jaman kera hingga tahun 2001.

The Comment
Pertama, maaf jika plot yang movietard berikan tidak memberikan penjelasan yang anda harapkan. Jujur, movietard sendiri masih meraba poin yang coba disampaikan Stanley Kubrick dalam 2001: A Space Odyssey (1968). Ah, Kubrick yang visioner memang bertindak semau dia tetapi justru itu yang membuat karya-karyanya selalu menjadi intelectual challenging.

2001aWell, saya menjadikan monolith sebagai tie film ini.  Kenapa monolith ini penting? Pertama, dalam sesi para kera yang disebut dawn of man, monolith menginspirasi si kera untuk membuat alat modern pertama. Dan dari kera, Kubrick mengajak kita melompat ke depan, ke tahun 2001 saat astronot menemukan monolith yang berbentuk sama di bulan. Beberapa bulan setelahnya, monolith yang sama juga terdapat di luar angkasa yang dilihat oleh astronot Dave (dan ya, lebih lanjut bahkan masuk ke dunia imajinasi Dave).

Banyak interpretasi yang muncul dari penonton, beberapa menganggap monolith tersebut adalah benda extraterrestrial yang menunjukkan adanya eksistensi alien dalam kehidupan manusia di bumi. Atau juga, mungkin monolith tersebut perwujudan Tuhan versi Kubrick?  Ah, siapa yang tahu, Kubrick sengaja membuat open ending yang membiarkan kita bebas berinterpretasi.

Yang pasti, Kubrick memang membuat 2001: A Space Odyssey sebagai film science fiction nomor satu, dan itu bertahan hingga 50 tahun setelah film ini keluar. Kenapa? Selain dari segi cerita yang beyond our imagination, teknis sinematografi yang disajikan juga sangatlah jenius. Scene-scene landscape sejak masa dawn of man di bumi hingga outer space adalah salah satu pencapaian sinematografi tertinggi dalam sejarah perfilman. Berlebihan? Nggak tuh, bahkan Titanic yang begitu wah terasa biasa saja jika dibandingkan 2001:A Space Odyssey.

2001bYang tak kalah amazing, efek dan properti dalam film ini juga masuk kategori sempurna (interior kapal yang bahkan tetap kelihatan  futuristik hingga detik ini, tele conference, manusia yang hibernasi, hingga kehadiran komputer HAL-9000 yang jenius menunjukkan bahwa Kubrick seorang yang jenius karena memiliki visi tentang masa depan yang tepat). Ya, saat si komputer sudah terlalu pintar, maka manusia sebagai penciptanya akan menerima balasan yang tidak mereka sangka. Well, mungkin Kubrick terlalu optimis memandang tahun 2001 (tetapi toh dia tidak salah, beberapa visi Kubrick bahkan menjadi riil di masa ini).

2001c

Kekurangan film ini adalah dari segi akting, Frank dan Dave menjadi tokoh sentral dalam segmen ketiga tetapi, jika dibandingkan secara keseluruhan, mereka tetap saja lack of story. Ah, tapi toh ini bukan kekurangan berarti, sekali lagi, anggap saja film ini sebagai parade gambar penjelajahan manusia di angkasa yang di luar imaji anda. Gambar yang ada terkadang terkesan dingin karena keheningan yang ada, tetapi juga kadang sangat indah saat diiringi orkestra Strauss.

Do You Know?
Film ini dinominasikan untuk 4 Oscar, dan Kubrick memenangkan Oscar untuk Best Effects
2001: A Space Odyssey berada pada posisi 22 pada the AFI’s list untuk 100 Greatest American movies of all time
Quote ‘Open the Pod Bay doors, HAL’ menjadi panduan bagi para geek dunia untuk menjelaskan adanya masalah teknis

6 thoughts on “2001:A Space Odyssey

    • yeee…gimana sih ellious ini, ngritik juga boleh kok…. diterima dengan senang hati
      gue sempet maen ke blog elo juga tuh, tapi temanya general ya bukan cuma ttg film, ur’ Cin(T)a’s review is good

  1. Hahaha… sabar mbak. Yang penting ninggalin jejak aja dulu. Blognya udah gua link ya, hehehe…
    Whoaaa, sempet baca resensi cinta, ninggalin jejak lah biar ketahuan…
    Tunggu bentar, mau pindah ke postingan fight club. Salah satu fovorit movie gua juga soalnya….

  2. gua udah nonton nih film, thanks to erdi!! hheheheheh
    filmnya pusiiinnnnggg ajeeeeee, untung gua nontonnya di LCD, gambar2 bagusnya keliatan bener, kalau nonton di tv biasa, udah tidurr kali gw!!!

    btw, pamer visual banget ini film, WOW banget!!!

    • yup,makanya gue bilang sinematografinya keren banget..parade gambar ala Kubrick deh
      eniwei,gue juga ntnnya pake tidur kok (puasa saat ituuuuu lol)

  3. tp gw ga tidur kok,walaupun pas ditengah2 mata gw udh cape bgt!hahaha…
    gw sempet bkin status gni, nton 2001 udh kaya kuliah kalkulus 5sks tapi untung dosennya cantik! lol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s