Persepolis

persepolis-poster-1

The Plot
Marjane Satrapi adalah perempuan Iran yang merasakan awal mula revolusi Iran saat dia kecil. Dan ini adalah ceritanya.

The Comment
Movietard pernah membaca komik
Persepolis bagian pertama sebelum menonton film yang diadaptasi dari komik berjudul sama. Jujur, saat itu movietard tidak begitu konsen (I was waiting my undergraduate thesis’s approval at that time! Nobody can enjoy read comic at that situation, can’t they?). Tetapi biarpun tidak konsen, cerita autobiografi Marjane ini sedikit mencuri hati movietard. Sebulan setelahnya (setelah lulus tepatnya), movietard memutuskan meminjam film Persepolis (2007), dan film ini mencuri hati (lagi) seluruhnya sekarang.

Sebelum masuk ke masalah plot, movietard akan bahas visualisasi film ini. Alih-alih menyajikan kartun dengan efek CGI, Marjane Satrapi si director dibantu dengan Vincent Paronnaud, her co-director justru mengikuti komiknya secara menyeluruh, yaitu menggunakan pola komik dua dimensi berpanel hitam putih untuk menyoroti kisah Marjane kecil (dan animasi berwarna bagi kisah Marjane dewasa). Dan apakah pola komik dua dimensi ini menjadikan Persepolis tidak menarik? Kebalikannya, film ini justru menjadi indah dan unik.

PDVD_225Goresan gambarnya memang terlihat sederhana tetapi jika anda sempat menonton feature pembuatan film ini yang handmade, anda akan berdecak kagum, dibutuhkan ribuan gambar dan ketelitian penuh dari para animatornya guna membuat film ini bernyawa. Movietard suka sekali dengan scene-scene black and white dalam Persepolis yang justru menjadi sangat artsy. Persepolis menjadi bukti riil bahwa walaupun saat ini CGI berviva la vida, film animasi dua dimensi yang selama ini sudah mulai dilupakan toh tetap juga menarik dan berkualitas.

persepolis-morceaux-choisis-2Melalui sudut pandang Marjane, penonton diajak melihat kehidupan keluarga Marjane yang liberal dihadapkan dengan aturan keras pemerintah Iran (yang mewajibkan perempuan pake kerudung, melarang alkohol ataupun musik dari Barat bla…bla). Bagi Marjane kecil, hal ini tidak adil karena ia adalah produk budaya barat (Well, Marjane penggemar Bruce Lee, Michael Jackson dan Iron Maiden). Terkekangnya kehidupan di Iran membuat orang tua Marjane mengirim dia ke Austria, tetapi toh, dibutuhkan pengembalian diri ke Iran untuk menjadikan Marjane pribadi yang mandiri sebelum akhirnya Marjane benar-benar tumbuh secara emosional.

PDVD_227Jika anda membaca dan menonton Persepolis, anda akan memahami bahwa Marjane tengah mendeksripsikan revolusi Islam modern yang terjadi di Iran pada tahun 1978-1979 oleh Syah Iran Ayatullah Khomeini. Film ini mengajarkan movietard melihat dari dua sisi.  Realitasnya, ketika ajaran imperialisme ala Barat yang masuk ke negara-negara Islam di Timur Tengah membuat Khomeini gerah sehingga ia membuat kebijakan-kebijakan dan penerapan hukum Islam di Iran. Dan ketika Khomeini menganggap ia telah mengembalikan tatanan masyarakat Iran yang Islami, toh penduduk Iran itu sendiri seperti Marjane memandangnya justru sebagai pengekangan  hidup, hingga Marjane protes melalui bajunya, ‘Punk is not Dead’ katanya.

7 thoughts on “Persepolis

  1. Oh em gee!
    Anggieeee, eke kan punya bukunya! *hysteric mode on*
    iya, waktu itu lo bilang aneh..hehehe
    tp gw suka soalnya ceritanya hmm…miris2 lucu.
    Bukunya (so far, gw baru baca bukunya soalnya, blom nonton pelemnya) bikin mata kita terbuka tanpa bersikap menggurui. Serius deh, gw klo gak baca nih buku gak bakalan pernah kali ngertiin kejadian2 di Iran saat itu. *BENCI SEJARAH* hehehe.
    Jadi emang gak salah klo orang2 kudu baca nih buku n nonton pelemnya jga tentunya.
    Good of you to make a review about this
    gem, and yeah, it’s really spot-on, too!

    • hhhmmm harusnya gue nambahin baca buku yang gue pinjem dari elo yaaa non…gue gak suka bukunya karna emang terlalu kaku tapi filmnya lebih bagus tauuu…kamu harus nonton. oh ya itu komiknya kan baru satu part, ada part keduanya loh

      p.s The diary of wimpy kid mau difilmnin juga, can’t waiiitt!!!

  2. hmmm. berarti kalo komiknya itu manga, filmnya itu anime ya?
    hehehe
    wimpy kid jga da bagian kedua n ketiga n keempat jga klo gak salah.
    gw malah kurang suka wimpy kid tapi.
    bagusan…diary of adrian mole (lebih miris2 lucu gtuh)
    tp mendingan baca yg versi inggrisnya deh. klo diindoin pasti aneh. kyk wimpy kid, bahasanya jd agak2 kaku.

    • kalo pake term jepang iya sih non..tapi kok gue berasa komiknya Persepolis lebih mirip panel2 gaya american style ya dibanding Jepang punya?
      Diary of adrian mole pas gue googlin’ ternyata udah lama loh Li settingnya sekitar taun 80an dan ini british punya…kayaknya sih oke ya, taun 2009 ini katanya mau ada filmnya tapi di IMDB masih kosong berita ttg filmnya
      Nanti yaaa kalo ada duit gue beli,hehehehe

  3. iya emang udah lama. yg ngarang jacqueline wilson yah klo gak salah?
    ada seriesnya jga. tp gw cuma baru sempet baca 2 ato 3 gtu (lupa).
    pertama kali gw baca di library sekolah. joke2nya klo lo perhatiin emang khas british sekali.
    gw gak tau mau difilm-in. kira2 siapa yg bakal jd si adriannya ya? hmmm.

    • gue nontonnya minjem di rental DVD gitu sih ki,
      soalnya emang agak susah nyari film ini dalam versi bootleh,hehehe
      mungkin donlot bisa dijadikan opsi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s